Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa model latihan teknik dasar passing permainan bola tangan dalam bentuk video latihan yang dilengkapi petunjuk pelaksanaannya. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, peneliti melakukan penelitian dengan 5 tahap. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dengan populasi dan sampel sama - sama sebanyak 45 orang atlet. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan layak, hasil yang layak dengan revisi sesuai saran, ahli media mendapatkan hasil yang layak dengan revisi sesuai saran, dan ahli bahasa memperoleh hasil layak. Hasil kuesioner dari uji coba kelompok kecil dari 16 siswa diperoleh skor rata – rata 82.00% dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar dari 29 siswa memperoleh skor rata – rata yaitu 96.00% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model latihan teknik dasar passing permainan bola tangan ini layak untuk digunakan sebagai model latihan pada atlet UKM Bola Tangan FORKIP Universitas Bengkulu.


Abstract


This study aims to produce a product in the form of a basic passing technique training model for handball, presented as a training video complete with implementation guidelines. The type of research used is Research and Development (R&D), employing the ADDIE development model, which consists of five stages. The sampling technique used in this study was total sampling, with both the population and the sample comprising 45 athletes. The research instruments used included observation, questionnaires, and documentation. Based on the results of expert validation, the material expert rated the product as feasible with revisions according to suggestions, the media expert also rated it as feasible with revisions, and the language expert rated it as feasible. The results of the small group trial questionnaire involving 16 students showed an average score of 82.00%, categorized as highly feasible, while the large group trial involving 29 students obtained an average score of 96.00%, also categorized as highly feasible. Based on these findings, it can be concluded that the development of the basic passing technique training model for handball is feasible to be used as a training model for athletes of the Handball Student Activity (UKM) at FORKIP, University of Bengkulu.

Keywords

Bola Tangan latihan

Article Details

How to Cite
Karlina, Prabowo, A., Restu Ilahi, B., Raibowo, S., & Afrilliyan, A. (2025). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Passing Permainan Bola Tangan UKM Bola Tangan FORKIP Universitas Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(2), 330–340. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v6i2.45045

References

  1. Amansyah, A., & Sinaga, R. T. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Passing Melalui Variasi Latihan Berbalik Dan Mengoper Bola Pada Atlet Sepak Bola Usia 13-15 Tahun Di Ssb Sinar Pagi. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 24–34.
  2. Bambang, H. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan Atlet. Wahana Didaktika, 16(1), 35–41.
  3. Henjilito, R., Safitri, R. E., Yani, A., Zikri, I., & Yolanda, Y. (2022). Peran Psikologi Dalam Konsep Teknik Dasar Bola Tangan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2061– 2065. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V3i3.10037
  4. Hidayah, N. (2020). Penguatan Karakter Atlet Melalui Mata
  5. Kuliah Bahasa Indonesia Uin Raden Intan Lampung Pendahuluan Permasalahan Budaya Dan Karakter Menjadi Soratan Tajam Dan Topik Hebat Dalam Pendidikan Kita Sekarang Ini . Soratan Itu Tertuang Dalam Berbagai Tulisan D. 199–212.
  6. Homaedi, R., Mafruhah, M., & Yuliana, A. T. (2022). Profil Atlet Dengan Tugas Ganda Kuliah Dan Bekerja. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 125–137. Https://Doi.Org/10.36379/Shine.V2i2.217
  7. Inggris, E. B. (2024). Uji Validasi E-Modul Bahasa Inggris Berbasis Ethnolinguistic Bermuatan Profil Pelajar Pancasila. 4, 1694–1702.
  8. Lesmana, G., Subroto, T., & Rahmat, A. (2024). Efektivitas Model Pengembangan Research And Development Permainan Bola Tangan Pada Pembelajaran Penjas Sytematic Literature Review. Jurnal Porkes, 7(1), 277–287. Https://Doi.Org/10.29408/Porkes.V7i1.25155
  9. Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (Cer), 3(2), 185.
  10. Muhamad Ramdan1, Samsudin2, M. H. H. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Model Pembelajaran Gerak Dasar Passing Bolavoli Pada. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5, 1–9.
  11. Mulyatiningsih, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran
  12. Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.Nafiah, A., Safitri, Y., Syarifa, I. M., & Qodheriyah, N. (2024). Peran Pancasila Dalam Membentuk Karakter Atlet Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Universitas Pgri Adi Buana Surabaya
  13. Ningrum, O. D. P. (2021). Model Latihan Teknik Dasar Permainan Bola Tangan Under 12. Jurnal Edukasimu, 1(2), 1–8. Http://Edukasimu.Org/Index.Php/Edukasimu/Article/View/26%0ahttp:// Eduk Asimu.Org/Index.Php/Edukasimu/Article/Download/26/25
  14. Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal, 1(2), 107. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.1.2.2172
  15. Raibowo, S., Sugihartono, T., Permadi, A., Aldino, A., & Rahmi, M. F. (2023). Need Assesment Pengembangan Media Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Aplikasi Thunkable. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 274–278. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V8i2.1498
  16. Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Passing Dalam Permainan Bola Tangan. Jossae : Journal Of Sport Science And Education, 3(1),
  17. Https://Doi.Org/10.26740/Jossae.V3n1.P1-6
  18. Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal Of Education Technology, 3(3), 126.
  19. Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i3.21732
  20. Sajoto.(1988). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
  21. Sari, I. T. P., & Sylvia, E. (2020). Analisis Karakteristik Atlet Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Atlet Entrepreneur Kabupaten Garut. Business Innovation And Entrepreneurship Journal, 2(1), 28–
  22. Https://Doi.Org/10.35899/Biej.V2i1.60
  23. Sridadi, S., & Utama, A. B. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Dasar Bolatangan Bagi Atlet. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 110–116. Https://Doi.Org/10.21831/Jpji.V12i2.17110
  24. Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.55
  25. Yani, A., Henjilito, R., & Makorohim, M. F. (2024). Sosialisasi Olahraga Bola Tangan ( Abti ) Pada Siswa Sdn. 5(4), 6078–6081