Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa model latihan teknik dasar passing permainan bola tangan dalam bentuk video latihan yang dilengkapi petunjuk pelaksanaannya. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, peneliti melakukan penelitian dengan 5 tahap. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dengan populasi dan sampel sama - sama sebanyak 45 orang atlet. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan layak, hasil yang layak dengan revisi sesuai saran, ahli media mendapatkan hasil yang layak dengan revisi sesuai saran, dan ahli bahasa memperoleh hasil layak. Hasil kuesioner dari uji coba kelompok kecil dari 16 siswa diperoleh skor rata – rata 82.00% dengan kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar dari 29 siswa memperoleh skor rata – rata yaitu 96.00% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model latihan teknik dasar passing permainan bola tangan ini layak untuk digunakan sebagai model latihan pada atlet UKM Bola Tangan FORKIP Universitas Bengkulu.
Abstract
This study aims to produce a product in the form of a basic passing technique training model for handball, presented as a training video complete with implementation guidelines. The type of research used is Research and Development (R&D), employing the ADDIE development model, which consists of five stages. The sampling technique used in this study was total sampling, with both the population and the sample comprising 45 athletes. The research instruments used included observation, questionnaires, and documentation. Based on the results of expert validation, the material expert rated the product as feasible with revisions according to suggestions, the media expert also rated it as feasible with revisions, and the language expert rated it as feasible. The results of the small group trial questionnaire involving 16 students showed an average score of 82.00%, categorized as highly feasible, while the large group trial involving 29 students obtained an average score of 96.00%, also categorized as highly feasible. Based on these findings, it can be concluded that the development of the basic passing technique training model for handball is feasible to be used as a training model for athletes of the Handball Student Activity (UKM) at FORKIP, University of Bengkulu.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Karlina, Andika Prabowo, Bogy Restu Ilahi, Septian Raibowo, Arrendi Afrilliyan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Amansyah, A., & Sinaga, R. T. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Passing Melalui Variasi Latihan Berbalik Dan Mengoper Bola Pada Atlet Sepak Bola Usia 13-15 Tahun Di Ssb Sinar Pagi. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 24–34.
- Bambang, H. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan Atlet. Wahana Didaktika, 16(1), 35–41.
- Henjilito, R., Safitri, R. E., Yani, A., Zikri, I., & Yolanda, Y. (2022). Peran Psikologi Dalam Konsep Teknik Dasar Bola Tangan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2061– 2065. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V3i3.10037
- Hidayah, N. (2020). Penguatan Karakter Atlet Melalui Mata
- Kuliah Bahasa Indonesia Uin Raden Intan Lampung Pendahuluan Permasalahan Budaya Dan Karakter Menjadi Soratan Tajam Dan Topik Hebat Dalam Pendidikan Kita Sekarang Ini . Soratan Itu Tertuang Dalam Berbagai Tulisan D. 199–212.
- Homaedi, R., Mafruhah, M., & Yuliana, A. T. (2022). Profil Atlet Dengan Tugas Ganda Kuliah Dan Bekerja. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 125–137. Https://Doi.Org/10.36379/Shine.V2i2.217
- Inggris, E. B. (2024). Uji Validasi E-Modul Bahasa Inggris Berbasis Ethnolinguistic Bermuatan Profil Pelajar Pancasila. 4, 1694–1702.
- Lesmana, G., Subroto, T., & Rahmat, A. (2024). Efektivitas Model Pengembangan Research And Development Permainan Bola Tangan Pada Pembelajaran Penjas Sytematic Literature Review. Jurnal Porkes, 7(1), 277–287. Https://Doi.Org/10.29408/Porkes.V7i1.25155
- Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (Cer), 3(2), 185.
- Muhamad Ramdan1, Samsudin2, M. H. H. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Model Pembelajaran Gerak Dasar Passing Bolavoli Pada. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5, 1–9.
- Mulyatiningsih, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran
- Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.Nafiah, A., Safitri, Y., Syarifa, I. M., & Qodheriyah, N. (2024). Peran Pancasila Dalam Membentuk Karakter Atlet Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Universitas Pgri Adi Buana Surabaya
- Ningrum, O. D. P. (2021). Model Latihan Teknik Dasar Permainan Bola Tangan Under 12. Jurnal Edukasimu, 1(2), 1–8. Http://Edukasimu.Org/Index.Php/Edukasimu/Article/View/26%0ahttp:// Eduk Asimu.Org/Index.Php/Edukasimu/Article/Download/26/25
- Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal, 1(2), 107. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.1.2.2172
- Raibowo, S., Sugihartono, T., Permadi, A., Aldino, A., & Rahmi, M. F. (2023). Need Assesment Pengembangan Media Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Aplikasi Thunkable. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 274–278. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V8i2.1498
- Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Passing Dalam Permainan Bola Tangan. Jossae : Journal Of Sport Science And Education, 3(1),
- Https://Doi.Org/10.26740/Jossae.V3n1.P1-6
- Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal Of Education Technology, 3(3), 126.
- Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i3.21732
- Sajoto.(1988). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
- Sari, I. T. P., & Sylvia, E. (2020). Analisis Karakteristik Atlet Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Atlet Entrepreneur Kabupaten Garut. Business Innovation And Entrepreneurship Journal, 2(1), 28–
- Https://Doi.Org/10.35899/Biej.V2i1.60
- Sridadi, S., & Utama, A. B. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Dasar Bolatangan Bagi Atlet. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 110–116. Https://Doi.Org/10.21831/Jpji.V12i2.17110
- Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.55
- Yani, A., Henjilito, R., & Makorohim, M. F. (2024). Sosialisasi Olahraga Bola Tangan ( Abti ) Pada Siswa Sdn. 5(4), 6078–6081
References
Amansyah, A., & Sinaga, R. T. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Passing Melalui Variasi Latihan Berbalik Dan Mengoper Bola Pada Atlet Sepak Bola Usia 13-15 Tahun Di Ssb Sinar Pagi. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(1), 24–34.
Bambang, H. (2018). Modifikasi Permainan Bola Tangan Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Bola Tangan Atlet. Wahana Didaktika, 16(1), 35–41.
Henjilito, R., Safitri, R. E., Yani, A., Zikri, I., & Yolanda, Y. (2022). Peran Psikologi Dalam Konsep Teknik Dasar Bola Tangan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 2061– 2065. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V3i3.10037
Hidayah, N. (2020). Penguatan Karakter Atlet Melalui Mata
Kuliah Bahasa Indonesia Uin Raden Intan Lampung Pendahuluan Permasalahan Budaya Dan Karakter Menjadi Soratan Tajam Dan Topik Hebat Dalam Pendidikan Kita Sekarang Ini . Soratan Itu Tertuang Dalam Berbagai Tulisan D. 199–212.
Homaedi, R., Mafruhah, M., & Yuliana, A. T. (2022). Profil Atlet Dengan Tugas Ganda Kuliah Dan Bekerja. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 125–137. Https://Doi.Org/10.36379/Shine.V2i2.217
Inggris, E. B. (2024). Uji Validasi E-Modul Bahasa Inggris Berbasis Ethnolinguistic Bermuatan Profil Pelajar Pancasila. 4, 1694–1702.
Lesmana, G., Subroto, T., & Rahmat, A. (2024). Efektivitas Model Pengembangan Research And Development Permainan Bola Tangan Pada Pembelajaran Penjas Sytematic Literature Review. Jurnal Porkes, 7(1), 277–287. Https://Doi.Org/10.29408/Porkes.V7i1.25155
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (Cer), 3(2), 185.
Muhamad Ramdan1, Samsudin2, M. H. H. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Model Pembelajaran Gerak Dasar Passing Bolavoli Pada. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5, 1–9.
Mulyatiningsih, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran
Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.Nafiah, A., Safitri, Y., Syarifa, I. M., & Qodheriyah, N. (2024). Peran Pancasila Dalam Membentuk Karakter Atlet Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Universitas Pgri Adi Buana Surabaya
Ningrum, O. D. P. (2021). Model Latihan Teknik Dasar Permainan Bola Tangan Under 12. Jurnal Edukasimu, 1(2), 1–8. Http://Edukasimu.Org/Index.Php/Edukasimu/Article/View/26%0ahttp:// Eduk Asimu.Org/Index.Php/Edukasimu/Article/Download/26/25
Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal, 1(2), 107. Https://Doi.Org/10.20884/1.Paju.2020.1.2.2172
Raibowo, S., Sugihartono, T., Permadi, A., Aldino, A., & Rahmi, M. F. (2023). Need Assesment Pengembangan Media Pembelajaran Tenis Lapangan Berbasis Aplikasi Thunkable. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 274–278. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V8i2.1498
Ramadan, G. (2018). Pengembangan Model Latihan Passing Dalam Permainan Bola Tangan. Jossae : Journal Of Sport Science And Education, 3(1),
Https://Doi.Org/10.26740/Jossae.V3n1.P1-6
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal Of Education Technology, 3(3), 126.
Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V3i3.21732
Sajoto.(1988). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
Sari, I. T. P., & Sylvia, E. (2020). Analisis Karakteristik Atlet Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Atlet Entrepreneur Kabupaten Garut. Business Innovation And Entrepreneurship Journal, 2(1), 28–
Https://Doi.Org/10.35899/Biej.V2i1.60
Sridadi, S., & Utama, A. B. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Dasar Bolatangan Bagi Atlet. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 110–116. Https://Doi.Org/10.21831/Jpji.V12i2.17110
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.55
Yani, A., Henjilito, R., & Makorohim, M. F. (2024). Sosialisasi Olahraga Bola Tangan ( Abti ) Pada Siswa Sdn. 5(4), 6078–6081