Main Article Content

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat dari Dana Bantuan Pengabdian S2 Kimia tahun 2020 berjudul “Pembuatan Sediaan Obat Sederhana Bagi Keluarga Besar SMA Negeri 8 Kota Bengkulu” telah dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2020. Metode yang dipergunakan pada pengabdian ini meliputi ceramah, diskusi dan praktik pembuatan obat sederhana, meliputi pembuatan sediaan obat herbal untuk pengobatan Covid-19 dari daun muda tanaman sungkai. Setelah dilakukan pengabdian berupa pelatihan pembuatan obat sederhana dan dari hasil evaluasi dapat disarikan bahwa, para guru, tenaga ke pendidikan dan siswa SMA.N 8 Bengkulu, sangat antusias selama pelatihan pengabdian, dibuktikan dengan banyak nya pertanyaan yang muncul saat pelatihan, dari peserta pengabdian ini. Dari hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian ini diketahui bahwa pengabdian ini sangat menarik dan bermanfaat bagi keluarga besar SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Setelah selesai pengabdian ini para peserta menjadi tahu cara pembuatan sediaan obat sederhana yang sangat bermanfaat bagi keluarga besar SMA.N 8 Kota Bengkulu.

 

 Kata kunci: Sediaan obat; Herbal; Covid-19

Keywords

Sediaan obat herbal covid-19

Article Details

How to Cite
Putranto, A. M., Widiyati, E., Gustian, I., & Sutanto, T. D. (2022). Pembuatan Obat Sediaan Selama Pendemi COVID-19 Bagi Keluarga SMA Negeri 8 Kota Bengkulu Sebagai Bantuan S2 Kimia Universitas Bengkulu. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(1), 12–15. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i1.20672

References

  1. Becker and Bakhuizen Van Den Brink. Flora of Java. , 1965. Vol 2. Published Under Auspices the Ruksherbarium, Leyden. Hal 612
  2. Heyne, K. 1985.Tumbuhan Berguna Indonesia. Jilid 2. Puslitbang. Jakarta.
  3. Ogata Yoshitake, 1995. Medicinal Herb Index in Indonesia. PT Eisai Indonesia. Jakarta.hal 256
  4. Simarmata Marulak, Ariefa P Yani, Bambang Sumantri dan Dwi Yeni, 2012. Identifikasi Tanaman Obat Suku Lembak. UNIB. Bengkulu (belum dipublikasikan)
  5. Sunarti. 2012. Inventarisasi Tumbuhan dan Pemanfaatannya Sebagai Obat Tradisional oleh Masyarakat Suku Serawai di Desa Kampai Kecamatan Talo Kabupaten Bengkulu Selatan. Bengkulu.
  6. Syamsudin. 2005. Mekanisme Kerja Obat Anti Malaria. Jurnal Ilmu Kefarmasian
  7. Indonesia. April 2005, Hal 37-40, Vol3 No 1. Farmakologi Fakultas FarmasiUniversitas Pancasila. Jakarta Selatan.
  8. Yani, A.P, Pikasari, K.R, Setyowati, N. 2009. Jenis-jenis Penyakit yang Diobati Secara Tradisional Pada Suku Rejang Desa Taba Teret, Bengkulu. Prosiding. Seminar Etnobotani IV. Keanekaragaman Hayati, Budaya dan Ilmu Pengetahuan. LIPI. Jakarta.
  9. Yani Ariefa Primair, Kasrina, Hidayat Yusrin,. 2008. Keanekaragaman Tanaman Hias Yang Dimanfaatkan Sebagai Obat Tradisional oleh Penduduk Desa Kembang Seri Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. FKIP UNIB. Bengkulu. Hal 40-50.