Main Article Content
Abstract
Sebagai bahasa internasioanl seharusnya bahasa Inggris harus bisa dikuasai bagi semua orang. Apalagi bahasa Inggris sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mau tidak mau setiap orang harus mampu menggunakan dan mengerti bahasa Inggris. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pelatihan berbahasa Inggris guna membantu masyarakat memahami bahasa Inggris. Pelatihan ini dilakukan di desa Taba Anyar, Kabupaten Lebong, Bengkulu guna bertujuan untuk memberi pembelajaran bahasa Inggris terhadap anak-anak yang ada di desa Taba Anyar. Pelatihan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari November (2021)- Januari (2022). Dalam pelaksanaan pelatihan dilakukan beberapa tahap yakni (1) mengumpulkan anak-anak di desa Taba Anyar, (2) meminta izin kepada orang tua atau wali siswa, (3) memberikan pelatihan pembelajaran (4) praktik berbahasa Inggris dan (5) evaluasi pelatihan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa anak-anak di desa Taba Anyar sangat antusias mengikuti pelatihan berbahasa Inggris hal ini dibuktikan dari minat dan motivasi belajar mereka yang begitu baik. Kesimpulan pelatihan ini sangat baik untuk dilakukan secara berkelanjutan agar anak-anak mampu dan terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris mereka. Peran masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan agar pelatihan ini bisa terus berlanjut dikemudian hari.
Keywords
Article Details
The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works
References
- Dahniar, N., Nurmaya, A. L., & Irsan. (2018). Pelatihan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Percakapan Sehari-Hari Bagi Para Pemuda Di Kota Bau-Bau. Jurnal Ppm Membangun, 2(1), 63–73.
- Hamid, M, S., Andi, B,M,M., Uyunasirah,H., & Sujariati, (2021). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Pemuda. Jurnal ABDIMAS Pengabdian Masyarakat, 90-98.https://unimuda.ejournal.id/jurnalabdimasa/article/view/863
- Juliarta, M, I., & I Gede, N, I. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasa Bagi Warga Babakan Canggu, Badung-Bali. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 74-79. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.72
- Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris disekolah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, Edisi 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
- Pasaribu, A. N., Agnes Shinta Sibarani, Desminar Debora Rangkuti, & Dicky Armey S Brahmana. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Di Binjai Timur. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 413 - 418. Retrieved from https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/288
- Permata, N.N., & Dini Hadiani, (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Bidikmisi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781
- Setiawan, K. dan Pasau, P., 2018. IbM Pemberdayaan Anak Panti Asuhan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), pp.227-235.
- Tamrin, A. F., & Magfirah, S. (2019). Nature Theme Pictured Book Used In Teaching English For Elementary Students. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 16–25. https://Doi.Org/10.26858/Eralingua.V3i1.8759
- Warman, S, J., Vivi, M., Laila, S., Fina, R, F., & Irwan, (2019). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), P. 280-285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304
- Wulandari, F. (2018). Pelatihan Keterampilan Bahasa Inggris Di Madrasah Aliyah Al Adabiy. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(1), 104–111.
- Yulia, Y. (2013). Teaching Challenges in Indonesia: Motivating Students and Teachers’ Classroom Language. Indonesian Journal of Applied Liguistics, 3(1), 1-16.
References
Dahniar, N., Nurmaya, A. L., & Irsan. (2018). Pelatihan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Percakapan Sehari-Hari Bagi Para Pemuda Di Kota Bau-Bau. Jurnal Ppm Membangun, 2(1), 63–73.
Hamid, M, S., Andi, B,M,M., Uyunasirah,H., & Sujariati, (2021). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Pemuda. Jurnal ABDIMAS Pengabdian Masyarakat, 90-98.https://unimuda.ejournal.id/jurnalabdimasa/article/view/863
Juliarta, M, I., & I Gede, N, I. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasa Bagi Warga Babakan Canggu, Badung-Bali. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 74-79. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.72
Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris disekolah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, Edisi 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
Pasaribu, A. N., Agnes Shinta Sibarani, Desminar Debora Rangkuti, & Dicky Armey S Brahmana. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Di Binjai Timur. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 413 - 418. Retrieved from https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/288
Permata, N.N., & Dini Hadiani, (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Bidikmisi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781
Setiawan, K. dan Pasau, P., 2018. IbM Pemberdayaan Anak Panti Asuhan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), pp.227-235.
Tamrin, A. F., & Magfirah, S. (2019). Nature Theme Pictured Book Used In Teaching English For Elementary Students. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 16–25. https://Doi.Org/10.26858/Eralingua.V3i1.8759
Warman, S, J., Vivi, M., Laila, S., Fina, R, F., & Irwan, (2019). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), P. 280-285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304
Wulandari, F. (2018). Pelatihan Keterampilan Bahasa Inggris Di Madrasah Aliyah Al Adabiy. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(1), 104–111.
Yulia, Y. (2013). Teaching Challenges in Indonesia: Motivating Students and Teachers’ Classroom Language. Indonesian Journal of Applied Liguistics, 3(1), 1-16.