Main Article Content

Abstract

Sebagai bahasa internasioanl seharusnya bahasa Inggris harus bisa dikuasai bagi semua orang. Apalagi bahasa Inggris sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mau tidak mau setiap orang harus mampu menggunakan dan mengerti bahasa Inggris. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pelatihan berbahasa Inggris guna membantu masyarakat memahami bahasa Inggris. Pelatihan ini dilakukan di desa Taba Anyar, Kabupaten Lebong, Bengkulu guna bertujuan untuk memberi pembelajaran bahasa Inggris terhadap anak-anak yang ada di desa Taba Anyar. Pelatihan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari November (2021)- Januari (2022). Dalam pelaksanaan pelatihan dilakukan beberapa tahap yakni (1) mengumpulkan anak-anak di desa Taba Anyar, (2) meminta izin kepada orang tua atau wali siswa, (3) memberikan pelatihan pembelajaran (4) praktik berbahasa Inggris dan (5) evaluasi pelatihan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa anak-anak di desa Taba Anyar sangat antusias mengikuti pelatihan berbahasa Inggris hal ini dibuktikan dari minat dan motivasi belajar mereka yang begitu baik. Kesimpulan pelatihan ini sangat baik untuk dilakukan secara berkelanjutan agar anak-anak mampu dan terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris mereka. Peran masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan agar pelatihan ini bisa terus berlanjut dikemudian hari.

 

 

Keywords

Pelatihan bahasa Inggris anak-anak Lebong

Article Details

How to Cite
Prayudha.S, J. (2022). Pelatihan Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Di Desa Taba Anyar Kabupaten Lebong. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(1), 47–51. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i1.21487

References

  1. Dahniar, N., Nurmaya, A. L., & Irsan. (2018). Pelatihan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Dalam Percakapan Sehari-Hari Bagi Para Pemuda Di Kota Bau-Bau. Jurnal Ppm Membangun, 2(1), 63–73.
  2. Hamid, M, S., Andi, B,M,M., Uyunasirah,H., & Sujariati, (2021). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Pemuda. Jurnal ABDIMAS Pengabdian Masyarakat, 90-98.https://unimuda.ejournal.id/jurnalabdimasa/article/view/863
  3. Juliarta, M, I., & I Gede, N, I. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasa Bagi Warga Babakan Canggu, Badung-Bali. GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 74-79. https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.72
  4. Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris disekolah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, Edisi 50. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207
  5. Pasaribu, A. N., Agnes Shinta Sibarani, Desminar Debora Rangkuti, & Dicky Armey S Brahmana. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Di Binjai Timur. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT DAN INOVASI, 2(1), 413 - 418. Retrieved from https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/288
  6. Permata, N.N., & Dini Hadiani, (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Bidikmisi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781
  7. Setiawan, K. dan Pasau, P., 2018. IbM Pemberdayaan Anak Panti Asuhan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), pp.227-235.
  8. Tamrin, A. F., & Magfirah, S. (2019). Nature Theme Pictured Book Used In Teaching English For Elementary Students. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 16–25. https://Doi.Org/10.26858/Eralingua.V3i1.8759
  9. Warman, S, J., Vivi, M., Laila, S., Fina, R, F., & Irwan, (2019). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), P. 280-285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304
  10. Wulandari, F. (2018). Pelatihan Keterampilan Bahasa Inggris Di Madrasah Aliyah Al Adabiy. Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(1), 104–111.
  11. Yulia, Y. (2013). Teaching Challenges in Indonesia: Motivating Students and Teachers’ Classroom Language. Indonesian Journal of Applied Liguistics, 3(1), 1-16.