Main Article Content
Abstract
Fisika menganut metodologi ilmiah (sains) yang memuat tiga kegiatan terpadu dan membentuk daur (cycles) empirico-logico-verification yang pertama kali dirintis oleh I. Newton yaitu (1) pengamatan gejala-gejala alam (kegiatan empiris melalui fisika eksperimen), (2) Penalaran untuk menjelaskan hasil pengamatan tersebut dan ekstensinya sehingga mampu menghasilkan ramalan mengenai gejala baru (kegiatan berlogika melalui fisika teori) dan (3) pengujian mengenai kesesuaian ramalan tersebut dengan realitas alam (kegiatan verifikasi melalui fisika eksperimen). Keberadaan laboratorium di sekolah-sekolah menjadi kunci keberhasilan dalam memperkenalkan tiga kegiatan terpadu tersebut. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan sekolah di bawah naungan Provinsi Sumatera Barat dengan jarak sekitar 138 km dari Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas tepatnya berada di Kecamatan Harau. Dari informasi yang diperoleh masih terbatasnya sarana dan prasarana seperti jumlah peralatan praktikum. Berdasarkan hal tersebut, tim pengabdian Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas akan melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di SMA N 2 Harau dengan pemanfaatan media online salah satunya Phet- Simulation. Hasil pengabdian menunjukkan 90 % siswa mengatakan setuju dan sangat setuju bahwa kegiatan seperti ini memberikan manfaat bagi pemahaman materi di bidang Fisika. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan lebih banyak oleh Tim Pengabdian sehingga masyarakat merasakan keberadaan perguuruan tinggi yang ada didaerahnya.
Kata kunci: PhET Colarado; Simulasi Fisika; dan Pengabdian Masyarakat
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Ramacos Fardela, Dedi Mardiansyah, Meqorry Yusfi, Elistia Liza Namigo, Afdal, Mutya Vonnisa, Muldarisnur, Harmadi, Imam Thaufiq, Ahmad Fauzi Pohan, Astuti, Afdhal Muttaqin, Dian Fitriyani, Dwi Pujiastuti, Sri Handani, Dwi Puryanti, Trengginas Eka Putra Sutantyo, Zulfi, Feriska Handayani Irka, Alimin Mahyudin, Nini Firmawati, Dian Milvita, Sri Oktamuliani, Sri Rahayu Alfitri Usna, Rico Adrial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works
References
- Anfa, Q., Aryungga, S. D. E., & Zahrotin, A. (2021). Pelatihan di masa pandemi covid-19 tentang pembuatan lembar petunjuk praktikum ipa berbasis laboratorium virtual. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1408-1417.
- Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi kegiatan praktikum IPA PGMI selama pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).
- Fathurrahmaniah, F., Widia, W., Islamiah, M., & Sarnita, F. (2021). Pemanfaatan IoT (Internet Of Things) Untuk Praktikum IPA Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
- Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-52.
- Gribbin, John, 1996., Schrodingers Kittens, and the Search for Reality, Orion Books Ltd., London, p.41.
- Muslim dan Zahara., 2004. Modul 1 dan II Kinematika dan Dinamika Zarah, Modul III dan IV Dinamika Sistem Zarah Dan Benda Tegar. Jurusan Fisika UGM, Yogyakarta.
- Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: Interactive simulations for teaching and learning physics. The physics teacher, 44(1), 18-23.
- Pratiwi, I. (2021). Hubungan Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 177-184.
- Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., Jatmiko, B., 2013. Imlementasi simulasi PhET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2.
- Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics using PhET simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225-227.
References
Anfa, Q., Aryungga, S. D. E., & Zahrotin, A. (2021). Pelatihan di masa pandemi covid-19 tentang pembuatan lembar petunjuk praktikum ipa berbasis laboratorium virtual. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1408-1417.
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi kegiatan praktikum IPA PGMI selama pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).
Fathurrahmaniah, F., Widia, W., Islamiah, M., & Sarnita, F. (2021). Pemanfaatan IoT (Internet Of Things) Untuk Praktikum IPA Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-52.
Gribbin, John, 1996., Schrodingers Kittens, and the Search for Reality, Orion Books Ltd., London, p.41.
Muslim dan Zahara., 2004. Modul 1 dan II Kinematika dan Dinamika Zarah, Modul III dan IV Dinamika Sistem Zarah Dan Benda Tegar. Jurusan Fisika UGM, Yogyakarta.
Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: Interactive simulations for teaching and learning physics. The physics teacher, 44(1), 18-23.
Pratiwi, I. (2021). Hubungan Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 177-184.
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., Jatmiko, B., 2013. Imlementasi simulasi PhET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2.
Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics using PhET simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225-227.