Main Article Content

Abstract





Fisika menganut metodologi ilmiah (sains) yang memuat tiga kegiatan terpadu dan membentuk daur (cycles) empirico-logico-verification yang pertama kali dirintis oleh I. Newton  yaitu (1) pengamatan gejala-gejala alam (kegiatan empiris melalui fisika eksperimen), (2) Penalaran untuk menjelaskan hasil pengamatan tersebut dan ekstensinya sehingga mampu menghasilkan ramalan mengenai gejala baru (kegiatan berlogika melalui fisika teori) dan (3) pengujian mengenai kesesuaian ramalan tersebut dengan realitas alam (kegiatan verifikasi melalui fisika eksperimen). Keberadaan laboratorium di sekolah-sekolah menjadi kunci keberhasilan dalam memperkenalkan tiga kegiatan terpadu tersebut. Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan sekolah di bawah naungan Provinsi Sumatera Barat dengan jarak sekitar 138 km dari Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas tepatnya berada di Kecamatan Harau. Dari informasi yang diperoleh masih terbatasnya sarana dan prasarana seperti jumlah peralatan praktikum. Berdasarkan hal tersebut, tim pengabdian Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas akan melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di SMA N 2 Harau dengan pemanfaatan media online salah satunya Phet- Simulation. Hasil pengabdian menunjukkan 90 % siswa mengatakan setuju dan sangat setuju bahwa kegiatan seperti ini memberikan manfaat bagi pemahaman materi di bidang Fisika. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan lebih banyak oleh Tim Pengabdian sehingga masyarakat merasakan keberadaan perguuruan tinggi yang ada didaerahnya.






Kata kunci: PhET Colarado; Simulasi Fisika; dan Pengabdian Masyarakat

Keywords

PhET Colarado Simulasi Fisika Pengabdian Masyarakat

Article Details

How to Cite
Fardela, R., Mardiansyah, D., Yusfi, M., Namigo, E. L., Afdal, Vonnisa, M., Muldarisnur, Harmadi, Taufiq, I., Pohan, A. F., Astuti, Muttaqin, A., Fitriyani, D., Pujiastuti, D., Handani, S., Puryanti, D., Sutantyo, T. E. P., Zulfi, Irka, F. H., Mahyudin, A., Firmawati, N., Milvita, D., Oktamuliani, S., Usna, S. R. A., & Adrial, R. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Media Online Phet Simulation Untuk Upaya Peningkatkan Pemahaman Konsep Fisika di SMA N 2 Harau. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 58–62. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i2.24459

References

  1. Anfa, Q., Aryungga, S. D. E., & Zahrotin, A. (2021). Pelatihan di masa pandemi covid-19 tentang pembuatan lembar petunjuk praktikum ipa berbasis laboratorium virtual. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1408-1417.
  2. Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi kegiatan praktikum IPA PGMI selama pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).
  3. Fathurrahmaniah, F., Widia, W., Islamiah, M., & Sarnita, F. (2021). Pemanfaatan IoT (Internet Of Things) Untuk Praktikum IPA Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
  4. Fithriani, S. L., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45-52.
  5. Gribbin, John, 1996., Schrodingers Kittens, and the Search for Reality, Orion Books Ltd., London, p.41.
  6. Muslim dan Zahara., 2004. Modul 1 dan II Kinematika dan Dinamika Zarah, Modul III dan IV Dinamika Sistem Zarah Dan Benda Tegar. Jurusan Fisika UGM, Yogyakarta.
  7. Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S., Wieman, C., & LeMaster, R. (2006). PhET: Interactive simulations for teaching and learning physics. The physics teacher, 44(1), 18-23.
  8. Pratiwi, I. (2021). Hubungan Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 177-184.
  9. Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., Jatmiko, B., 2013. Imlementasi simulasi PhET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2.
  10. Wieman, C. E., Adams, W. K., Loeblein, P., & Perkins, K. K. (2010). Teaching physics using PhET simulations. The Physics Teacher, 48(4), 225-227.