Main Article Content
Abstract
Ilmu Fisika tidaklah terlepas dari kegiatan eksperimen yakni pengamatan dan pengukuran. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan dalam memahami ilmu Fisika dan juga untuk mendukung capaian dari kurikulum yang berlaku. Siswa kelas X sekolah tingkat menengah telah dibekali pembelajaran ilmu Fisika secara teori mengenai pengukuran. Peningkatan pemahaman mengenai pengukuran sebaiknya dilakukan kegiatan pengukuran secara langsung menggunakan beberapa alat ukur dasar yaitu jangka sorong, mikrometer sekrup, dan neraca o’haus. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendekatan saintifik yakni pelaksanaan pengabdian mengandung unsur pengetahuan di bidang keilmuan Fisika. Sebanyak 45 orang peserta mengikuti kegiatan ini yang berasal dari SMA IT AL Fahmi Palu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam penggunaan alat ukur dasar berdasarkan keberhasilan siswa melakukan pengukuran secara mandiri. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian yang diperoleh rata-rata 92,7 yang menunjukkan kriteria sangat baik.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Sitti Rugayya, S.S., M.Sc, Iqbal, Anis Nismayanti, Sandra Kasim, Lulu Syamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works
References
- Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development, 10 No.3(2), 1696–1705.
- Irwansyah. (2017). Efektivitas Penerapan Alat Peraga Aktual Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pengukuran. Universitas Pramita Indonesia/Fakultas Sains dan Teknologi/Teknik Mesin Abstrak, (Vii), 46–52.
- Karyono, Palupi, D. S., & Suharyanto. (2009). Fisika untuk SMA dan MA Kelas X. In Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.
- Rohmawati, L., Sucahyo, I., Arief, A., & Anggaryani, M. (2016). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Dan Pengukuran Bagi Guru Ipa Smp Wilayah Sidoarjo. Jurnal ABDI, 1(1), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p18-24
- Sumarsono, J. (2008). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. In D. Nuraini (Ed.), Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Yatnikasari, S. (2021). Peningkatan keterampilan proses sains pada pelajaran fisika. Jurnal Pengabdian Pada masyarakat, 6(No.1), 268.
- Yulianci, S., Gunawan, Aris Doyan, & Fenny Febriyanti. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 123–127. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.236.
References
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development, 10 No.3(2), 1696–1705.
Irwansyah. (2017). Efektivitas Penerapan Alat Peraga Aktual Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pengukuran. Universitas Pramita Indonesia/Fakultas Sains dan Teknologi/Teknik Mesin Abstrak, (Vii), 46–52.
Karyono, Palupi, D. S., & Suharyanto. (2009). Fisika untuk SMA dan MA Kelas X. In Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.
Rohmawati, L., Sucahyo, I., Arief, A., & Anggaryani, M. (2016). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Dan Pengukuran Bagi Guru Ipa Smp Wilayah Sidoarjo. Jurnal ABDI, 1(1), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p18-24
Sumarsono, J. (2008). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. In D. Nuraini (Ed.), Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Yatnikasari, S. (2021). Peningkatan keterampilan proses sains pada pelajaran fisika. Jurnal Pengabdian Pada masyarakat, 6(No.1), 268.
Yulianci, S., Gunawan, Aris Doyan, & Fenny Febriyanti. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 123–127. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.236.