Main Article Content

Abstract

Ilmu Fisika tidaklah terlepas dari kegiatan eksperimen yakni pengamatan dan pengukuran. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan dalam memahami ilmu Fisika dan juga untuk mendukung capaian dari kurikulum yang berlaku. Siswa kelas X sekolah tingkat menengah telah dibekali pembelajaran ilmu Fisika secara teori mengenai pengukuran. Peningkatan pemahaman mengenai pengukuran sebaiknya dilakukan kegiatan pengukuran secara langsung menggunakan beberapa alat ukur dasar yaitu jangka sorong, mikrometer sekrup, dan neraca o’haus. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pendekatan saintifik yakni pelaksanaan pengabdian mengandung unsur pengetahuan di bidang keilmuan Fisika. Sebanyak 45 orang peserta mengikuti kegiatan ini yang berasal dari SMA IT AL Fahmi Palu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam penggunaan alat ukur dasar berdasarkan keberhasilan siswa melakukan pengukuran secara mandiri. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian yang diperoleh rata-rata 92,7 yang menunjukkan kriteria sangat baik.

Keywords

Fisika Pengukuran alat ukur dasar

Article Details

How to Cite
Rugayya, S., Iqbal, Nismayanti, A., Kasim, S., & Syamsiah, L. (2022). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Dasar Bagi Siswa Kelas X SMA IT Al Fahmi Palu. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 115–118. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i2.25507

References

  1. Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development, 10 No.3(2), 1696–1705.
  2. Irwansyah. (2017). Efektivitas Penerapan Alat Peraga Aktual Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pengukuran. Universitas Pramita Indonesia/Fakultas Sains dan Teknologi/Teknik Mesin Abstrak, (Vii), 46–52.
  3. Karyono, Palupi, D. S., & Suharyanto. (2009). Fisika untuk SMA dan MA Kelas X. In Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.
  4. Rohmawati, L., Sucahyo, I., Arief, A., & Anggaryani, M. (2016). Pelatihan Penggunaan Alat Ukur Dan Pengukuran Bagi Guru Ipa Smp Wilayah Sidoarjo. Jurnal ABDI, 1(1), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v1n1.p18-24
  5. Sumarsono, J. (2008). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. In D. Nuraini (Ed.), Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  6. Yatnikasari, S. (2021). Peningkatan keterampilan proses sains pada pelajaran fisika. Jurnal Pengabdian Pada masyarakat, 6(No.1), 268.
  7. Yulianci, S., Gunawan, Aris Doyan, & Fenny Febriyanti. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 123–127. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.236.