Main Article Content

Abstract

Papan partikel merupakan suatu papan yang terbuat dari partikel-partikel kayu atau bahan berlignoselulose lainnya yang diikat dengan suatu perekat dan kemudian dikempa. Salah satu bahan berlignoselulose yang dapat digunakan untuk membuat papan partikel adalah cocodust atau serbuk halus sabut kelapa. Sebagai perekat dapat digunakan polimer alam berupa kompon karet cair yang merupakan campuran dari lateks pekat dengan beberapa bahan kimia tertentu untuk memperbaiki sifatnya Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan papan partikel dari serbuk sabut kelapa dengan kompon karet cair pada anggota kelompok tani Gelanggang Sakti di desa Pulau Panggung, Kecamatan Luas, Kabupaten Kaur. Kegiatan dimulai dengan ceramah mengenai papan partikel yang dilanjutkan dengan diskusi dan praktek pembuatan kompon karet cair dari lateks pekat yang selanjutnya digunakan sebagai perekat dalam pembuatan papan partikel dari serbuk sabut kelapa dengan kompon karet cair. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat sasaran kegiatan PPM ini sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini karena merasa mendapatkan tambahan pengetahuan baru mengenai cara pembuatan papan partikel dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di lingkungan masyarakat sasaran PPM. Dengan pengetahuan pembuatan papan partikel yang diajarkan pada kegiatan ini maka masyarakat sasaran akan dapat mempunyai pengetahuan mengenai pembuatan papan partikel yang dapat dilakukan dengan mudah dengan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan sekitar.

Keywords

kompon karet cair papan partikel serbuk sabut kelapa Lateks pekat

Article Details

How to Cite
Teja Dwi Sutanto, Charles Banon, Deni Agustriawan, Agus Martono HP, & Budi Harlianto. (2023). Pelatihan Pembuatan Papan Partikel dari Serbuk Sabut Kelapa Dengan Kompon Karet Cair. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 3(2), 11–14. https://doi.org/10.33369/icomes.v3i2.31388

References

  1. Maryam, J., 2009, Kualitas Papan Komposit dari Limbah Batang Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) dan Polyetylene (PE) Daur Ulang, Skripsi, Prodi Teknologi Hasil Hutan, Departemen Kehutanan, USU, Medan
  2. Rustamiaji, T., 2009. Mobil Terbuat dari Sabut Kelapa. http://www.chem-is-try.org. akses 22 Februari 2010.
  3. Setyawati, D., Hadi, Y.S., Massijaya, Y., dan Nugroho, N., 2008, Karakteristik Papan Komposit dari Serat Sabut Kelapa dan Plastik Polipropilena Daur Ulang Berlapis Anyaman Bambu, Jurnal Penelitian Universitas Tanjungpura, X, 2, 88-101.
  4. Sjostrom, E., 1995, Kimia Kayu, Dasar-Dasar dan Penggunaan (diterjemahkan oleh Sastrohamidjojo, H.), edisi 2, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
  5. Sonenblum, S.E., dan Crisco, J.J., 2004, Impact Characteristic of Coconut Coir, Buletin Agronomi IPB Bogor, 32, 1, 28-31.
  6. Setiaji, B., 2013, Coco Power, Model Pemberdayaan Masyarakat Petani Kelapa, Coco Power Press, Yogyakarta
  7. Subiyanto, B., Saragih, R., dan Husin, E., 2003, Pemanfaatan Serbuk Sabut Kelapa sebagai Bahan Penyerap Air dan Oli Berupa Panel Papan Partikel, J.Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis, 1,1, 26-34.
  8. Sudarsono, Rusianto, T., dan Suryadi, Y., 2010, Pembuatan Papan Partikel Berbahan Baku Sabut Kelapa dengan Bahan Pengikat Alami (Lem Kopal), J. Teknologi, 3,1,22-32.
  9. Sunariyo, 2008, Karakteristik Komposit Termoplastik Polipropilena dengan Serat Sabut Kelapa sebagai Pengganti Bahan Palet Kayu, Tesis, Sekolah Pascasarjana USU, Medan.
  10. Sutanto, T.D., 2015. Pembuatan Dan Karakterisasi Kompon Karet Cair Berbasis Lateks Pekat Dan Asap Cair Tempurung Kelapa. Disertasi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
  11. Wahyudi. H. A, T. R. Wiradarya, dan M. I. Iskandar, 2005, Sifat Fisis Mekanis papan Partikel dari SerbukBulu Domba, Serbuk Gergaji, dan Serutan Kayu Sengon (Paraserianthes falcaria), Skripsi, Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB, Bogor
  12. Yanto, D.H.Y. dan Hermiati E., 2008, Campuran Lateks Karet Alam-Stirena dan Poliisosianat sebagai Perekat Kayu Lamina, J. Trop.Wood Sci. Technol., 6, 2, 63-68.
  13. Zulkifli, R., Zulkarnain and Jailani, N. M., 2010, Noise Control Using Coconut Coir Sound Absorber with Porous Backing and Perforated Panel, Am. J. App. Sci. Vol. 7 No. 2, hal. 260 – 264.