Isi Artikel Utama

Abstrak

Tindakan mencuci tangan harus diajarkan pada anak sejak dini untuk menjaga kebersihan. Tujuan kegiatan yaitu memberikan edukasi dan praktik perilaku mencuci tangan sejak dini pada PAUD Terpadu Yayasan PESAT, Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Kegiatan edukasi dilakukan oleh narasumber yang diawali dengan bertanya ke anak-anak dampak atau efek jika tidak cuci tangan saat makan. Setelah itu dilanjutkan dengan penyajian materi dalam bentuk video singkat. Pemberian materi menggunakan video singkat dan diselingi dengan permainan atau games. Implementasi dari materi yang diberikan, anak-anak PAUD dapat mempraktikkan langsung cara mencuci tangan yang benar. Hasil menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias selama edukasi karena diselingi dengan permainan. Saat praktik mencuci tangan, ada 5 anak yang dapat mempraktikkan mencuci tangan dengan baik atau sekitar 71,43% sedangkan 2 anak belum dapat mempraktikkan mencuci tangan dengan tepat atau sekitar 28,57%. Dengan edukasi dan praktik ini, maka harapannya anak-anak memiliki pengetahuan pentingnya perilaku mencuci tangan dengan benar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Haryati, K. (2024). Perilaku Mencuci Tangan Sejak Dini pada Sekolah PAUD Terpadu Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 4(1), 1–4. https://doi.org/10.33369/icomes.v4i1.34295

Referensi

  1. Ambarwati, dan Prihastuti. (2019). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir sebagai Upaya Untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sejak Dini. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1): 46–52.
  2. BPS Kabupaten Keerom. (2022). Kabupaten Keerom dalam Angka. Keerom: BPS Kabupaten Keerom.
  3. Handayani. (2016). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak-Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Desa Tabore Kecamatan Mentangai Kalimantan Tengah. Jurnal Surya Medika, 2(1): 8–13.
  4. Isfaizah, I., Widayati, W., dan Kristingrum, W. (2021). Cara Cuci Tangan di SD Negeri 1 Gandulan Temanggung Jawa Tengah. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 3(1).
  5. Kampung Yuwanain. (2022). Sejarah Pemerintahan Kampung. https://www.yuwanain.id/artikel/2022/9/17/sejarah-pemerintahan-kampung. Diakses: 15 Mei 2024
  6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
  7. Manurung, I.F.E. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Praktek Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Pada Anak Sekolah Dasar Marsudirini Kefamenanu. Warta Pengabdian, 14(2): 134–140.
  8. Musyadad, V.F., Supriatna, A., dan Aprilia, D. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1): 10–18.
  9. Supriyono, H., Murtiyasa, B., Rahmadzani, R.F., Adhantoro, M.S. (2018). Penerapan Game Edukatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Setingkat Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Warta LPM, 21(1): 30–39.
  10. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  11. WHO. (2009). Guidelines on Hand Hygiene in Healthcare. Geneva: WHO