Main Article Content

Abstract

Praktikum adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep dan teori suatu pelajaran terutama pada mata pelajaran sains seperti kimia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakt (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan praktikum kimia sederhana kepada siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Al-Karim Bengkulu Tengah. Pendampingan praktikum dilakukan dengan beberapa metode yaitu metode ceramah, project base learning (PBL), diskusi dan evaluasi pemahaman siswa terhadap objek praktikum secara kuantitatif melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi secara langsung, pendampingan praktikum oleh tim pengabdian telah meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap objek praktikum. Serta melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga telah mampu mengoptimalkan fungsi laboratorium dengan mengusung prinsip Green Chemistry dengan memanfaatkan bahan-bahan dari sekitar/lingkungan untuk beberapa objek praktikum.

Keywords

PKM Praktikum Green Chemistry Madrasah Aliyah

Article Details

How to Cite
Avidlyandi, A., Morina, A., Khafit, W., Yudha S, Y. S., Deni Agus , T., Risky Hadi, W., Dina, E., Munifilia Eka, S., Wiwik Endarwati, E., Khusnul, A., & Winda, S. (2024). PENDAMPINGAN PRAKTIKUM KIMIA KELAS IPA XI DI MADRASAH ALIYAH AL-KARIM BENGKULU TENGAH. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 4(1), 21–24. https://doi.org/10.33369/icomes.v4i1.34461

References

  1. Bahriah, E. S. & Abadi, S. M., (2016), Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Melalui Metode Praktikum, EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 1(1), 86-97.
  2. Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Kopon, A. M., Boelan, E. G., Komisia, F., Leba, M. A. U., & Lawung, Y. D. (2020). Peningkatan Pemahaman Terhadap Ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4). 43-48
  3. Emda, A. (2017), Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah, Lantanida Journal, 5(1), 83-92.
  4. Hidayati, N. (2012), Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.
  5. Yudha S., S., Istiqphara, S., & Adfa, M. (2020). Kajian Bimbingan Teknis Praktikum Kimia pada Dua Madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2) 151-158.
  6. Rahman, D., Adlim & Mustanir. (2015). Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 1-13.
  7. Sawuwu, B. Y. (2017). Problems in The Indonesian Chemistry Laboratory Classes. Proceeding of the 2nd International Seminar on Chemical Education 2017, September 12-13th, 371-381. ISBN 978-602-73192.
  8. Istiqphara, S., Adfa, M. & Yudha S. S. (2019). Pelatihan Teknik Perakitan dan Pemrograman Robot Lego Mindstorm bagi Siswa dan Guru pada Dua Madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Prosiding Semnaskom Unram, 1 (1). EKPM 01.
  9. Hidayati, A., Saputro, S. & Sukardjo, J. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 47-56.
  10. Matsun & Rohani. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Guru IPA SMP Di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Gervasi, 1(1), 20-31.
  11. Putri, A. C. (2017). Pengaplikasian Prinsip-Prinsip Green Chemistry dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kimia sebagai Pendekatan untuk Pencegahan Pencemaran Akibat Bahan-Bahan Kimia dalam Kegiatan Praktikum di Laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67-73.