Main Article Content
Abstract
Praktikum adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep dan teori suatu pelajaran terutama pada mata pelajaran sains seperti kimia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakt (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan praktikum kimia sederhana kepada siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Al-Karim Bengkulu Tengah. Pendampingan praktikum dilakukan dengan beberapa metode yaitu metode ceramah, project base learning (PBL), diskusi dan evaluasi pemahaman siswa terhadap objek praktikum secara kuantitatif melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi secara langsung, pendampingan praktikum oleh tim pengabdian telah meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap objek praktikum. Serta melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga telah mampu mengoptimalkan fungsi laboratorium dengan mengusung prinsip Green Chemistry dengan memanfaatkan bahan-bahan dari sekitar/lingkungan untuk beberapa objek praktikum.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Avidlyandi Avidlyandi, Morina Adfa, Khafit Wiradimafan, Sal Prima Yudha S, Deni Agus Triawan, Risky Hadi Wibowo, Dina Erliana, Munifilia Eka Sari, Wiwik Endarwati, Khusnul Azizah, Winda Shari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works
References
- Bahriah, E. S. & Abadi, S. M., (2016), Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Melalui Metode Praktikum, EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 1(1), 86-97.
- Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Kopon, A. M., Boelan, E. G., Komisia, F., Leba, M. A. U., & Lawung, Y. D. (2020). Peningkatan Pemahaman Terhadap Ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4). 43-48
- Emda, A. (2017), Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah, Lantanida Journal, 5(1), 83-92.
- Hidayati, N. (2012), Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.
- Yudha S., S., Istiqphara, S., & Adfa, M. (2020). Kajian Bimbingan Teknis Praktikum Kimia pada Dua Madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2) 151-158.
- Rahman, D., Adlim & Mustanir. (2015). Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 1-13.
- Sawuwu, B. Y. (2017). Problems in The Indonesian Chemistry Laboratory Classes. Proceeding of the 2nd International Seminar on Chemical Education 2017, September 12-13th, 371-381. ISBN 978-602-73192.
- Istiqphara, S., Adfa, M. & Yudha S. S. (2019). Pelatihan Teknik Perakitan dan Pemrograman Robot Lego Mindstorm bagi Siswa dan Guru pada Dua Madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Prosiding Semnaskom Unram, 1 (1). EKPM 01.
- Hidayati, A., Saputro, S. & Sukardjo, J. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 47-56.
- Matsun & Rohani. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Guru IPA SMP Di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Gervasi, 1(1), 20-31.
- Putri, A. C. (2017). Pengaplikasian Prinsip-Prinsip Green Chemistry dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kimia sebagai Pendekatan untuk Pencegahan Pencemaran Akibat Bahan-Bahan Kimia dalam Kegiatan Praktikum di Laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67-73.
References
Bahriah, E. S. & Abadi, S. M., (2016), Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Melalui Metode Praktikum, EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 1(1), 86-97.
Baunsele, A. B., Tukan, M. B., Kopon, A. M., Boelan, E. G., Komisia, F., Leba, M. A. U., & Lawung, Y. D. (2020). Peningkatan Pemahaman Terhadap Ilmu Kimia Melalui Kegiatan Praktikum Kimia Sederhana di Kota Soe. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4). 43-48
Emda, A. (2017), Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah, Lantanida Journal, 5(1), 83-92.
Hidayati, N. (2012), Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Yudha S., S., Istiqphara, S., & Adfa, M. (2020). Kajian Bimbingan Teknis Praktikum Kimia pada Dua Madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 5(2) 151-158.
Rahman, D., Adlim & Mustanir. (2015). Analisis Kendala dan Alternatif Solusi terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 1-13.
Sawuwu, B. Y. (2017). Problems in The Indonesian Chemistry Laboratory Classes. Proceeding of the 2nd International Seminar on Chemical Education 2017, September 12-13th, 371-381. ISBN 978-602-73192.
Istiqphara, S., Adfa, M. & Yudha S. S. (2019). Pelatihan Teknik Perakitan dan Pemrograman Robot Lego Mindstorm bagi Siswa dan Guru pada Dua Madrasah Aliyah di Bengkulu Tengah. Prosiding Semnaskom Unram, 1 (1). EKPM 01.
Hidayati, A., Saputro, S. & Sukardjo, J. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 47-56.
Matsun & Rohani. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Guru IPA SMP Di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Gervasi, 1(1), 20-31.
Putri, A. C. (2017). Pengaplikasian Prinsip-Prinsip Green Chemistry dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kimia sebagai Pendekatan untuk Pencegahan Pencemaran Akibat Bahan-Bahan Kimia dalam Kegiatan Praktikum di Laboratorium. Journal of Creativity Student, 2(2), 67-73.