Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pelatihan ecoprint pada media tas bekal anak dilaksanakan di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan keterampilan masyarakat, khususnya anak-anak dalam membuat ecoprint. Pelatihan melibatkan sekitar 48 peserta, termasuk 25 anak-anak di rentang usia 5-15 tahun. Teknik ecoprint diajarkan dengan memanfaatkan bahan alami, seperti daun dan bunga yang mudah ditemukan di desa. Melalui teknik ecoprint, anak-anak dapat menciptakan desain dan pola unik pada tas bekal dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar, seperti daun dan bunga. Melalui metode ceramah, diskusi, dan praktik langsung, peserta diberikan pelatihan tentang membuat ecoprint dengan teknik pounding. Hasil kegiatan ini menunjukkan masyarakat telah memahami dan bisa menghasilkan tas bekal bermotif unik. Diharapkan kegiatan ini dapat membuka wawasan masyarakat mengenai potensi bahan alami untuk produk kreatif yang ramah lingkungan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maryanti, E., Dwiwibangga, Y., Gustian , I., Banon, C., & Asteria, M. (2025). Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Ecoprint pada Tas Bekal di Desa Tapak Gedung, Kepahiang. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 5(1), 12–16. https://doi.org/10.33369/icomes.v5i1.41605

Referensi

    Aini, N., Hery, A., Hapsari, Nafsiah, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecoprint pada Tote Bag di Perumahan Bulan Terang Utama Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 110-118. http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p110-118.
    Atieka, T. A., & Budiana, I. (2019). Peran Pendidikan Karakter dan Kreativitas Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 2(2), 331–341. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.76.
    Hutahaean, R., Berlianti, Sinaga, R.Y. (2023). Meningkatkan Kreativitas dan Kepercayaan Diri Siswa/I Sekolah Dasar Melalui Metode Fun Learning. Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI), 1(2), 29-35. https://doi.org/10.47709/ppi.v1i02.3003.
    Kartika, D.S.Y., Rahmawati, F., Rahmawati, V.E., Yudha, A.T.S., Faizah, A.N., Suhendri, R.R. (2023). Pelatihan Pembuatan Kerajinan Ecoprint Sebagai Pengembangan Kreativitas Anak Di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 1 (Satu). JIPM:Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 72-82. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.311.
    Muhassin, M. dan Sulistyawati, A. (2024). Peningkatan Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan melalui Edukasi Pembuatan Ecoprint bagi Siswa di Desa Sumber Agung, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan. SAKALIMA: Pilar Pemberdayaan Masyarakat Pendidikan, 1(1), 50-62. https://doi.org/10.70211/sakalima.v1i1.111.
    Nurliana, S., & Haryanto, H. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 19(02), 262–271. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.17789.
    Purnomo, A. (2024). Pemanfaatan Produk Ecoprint Berbasis Daun dan Bunga di Desa Kelawi Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(1), 54-61. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i1.58.
    Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44- 50. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50.
    Sholikhah, R., Widowati, W., & Nurmasitah, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Gunungpati Kota Semarang. Fashion and Fashion Education Journal, 10(2), 81–85. https://doi.org/10.15294/ffej.v10i2.50612.
    Watiningsih, W. (2022). Teknik Ecoprint, Pengembangan Motif Kain yang Ramah Lingkungan. Garina : Jurnal Pengembangan IPTeks Seni Kuliner, Tata Rias, dan Desain Mode, 14(2), 01-15. https://doi.org/10.69697/garina.v14i2.10.