Main Article Content

Abstract

Kegiatan pembelajaran daring menuntut guru untuk melakukan berbagai penyesuaian, baik metode maupun media pembelajaran, agar materi dapat tersampaikan dengan efektif kepada peserta didik tanpa memberatkan mereka. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan adalah bahan ajar digital berbasis e-modul. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar digital menggunakan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi perizinan, koordinasi dengan mitra, serta penyiapan alat, bahan, soal pre-test dan post-test, serta materi pelatihan. Koordinasi awal dilakukan bersama Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri Kota Bengkulu untuk menyusun jadwal dan teknis pelaksanaan kegiatan. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan, sosialisasi diawali dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal peserta tentang Canva, dilanjutkan dengan sosialisasi dan pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan Canva, serta diakhiri post-test untuk mengevaluasi hasil pelatihan. Berdasarkan hasil post-test, seluruh peserta telah mencoba membuat bahan ajar digital dan mengenal fitur-fitur Canva. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta sebesar 95% setelah mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif bagi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring yang menarik dan inovatif.

Keywords

Pembelajaran Daring; Bahan Ajar Digital; Canva; Pelatihan Guru; Pengabdian Kepada Masyarakat

Article Details

How to Cite
XXX, S., Johan, S., Supiyati, S., Kurniawan, C., & Johan, H. (2025). PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN CANVA BAGI GURU-GURU SDIT NURUL FIKRI KOTA BENGKULU. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 5(2), 36–41. https://doi.org/10.33369/icomes.v5i2.43508

References

  1. Mahsa, M., Pratiwi, RA, Trisfayani, T., Rahayu, R., Ukhra, AR, & Ramadhana, TW (2023). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penyusunan modul digital di SMP Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara . Jurnal Abdi Mas Adzkia, 4(1), 1–?. http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v4i1.18041 Jurnal UINSU
  2. Syahrizaldy, A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif blended learning melalui website Canva mata pelajaran Penjaskesorkes . Jurnal Teknologi Pendidikan,. E-Jurnal Undikma + 1Jurnal Nasional UMP+ 1
  3. Sutomo, S., Ibrahim, N., & Hartono, R. (2023). Pengembangan e modul berbasis Canva pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat . Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10692 Jurnal Elektronik UIKA Bogor
  4. Chairani, VS, Mursyida, L., Fadilah, R., Astuti, M., Rahmiati, R., & Hayatunnufus, H. (2021). Peningkatan kompetensi digital guru sekolah dasar dalam membuat media pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan fitur “Canva Education” di Kecamatan Lubuk Alung . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), ?. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10924 Jurnal Pendidikan Tambusai
  5. Lestari, PA, Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., … Nugroho, OF (2022). Pelatihan media pembelajaran digital berbasis Canva bagi guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia di Bidang Teknik & Pendidikan (IJOCSEE), 2(1), 47–54. https://doi.org/10.17509/ijocsee.v2i1.45696 Pusat Jurnal ULM+ 2Jurnal UPI+ 2Jurnal Institut Keperawatan+ 2
  6. Sari, VK, Rusdiana, RY, & Putri, WK (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952 JPPIPA Unram
  7. Afrizal, DY, Sukirno, S., Kuntoro, K., & Suroso, E. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan Canva sebagai bahan ajar teks deskripsi memuat kearifan lokal Kabupaten Pemalang . Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 11(2), ?. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23688 Jurnal Nasional UMP
  8. Juliana Nabela, S., & Yurdayanti, Y. (2022). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital berbasis Canva untuk guru SDN 14 Koba, Kabupaten Bangka Tengah . Jurnal Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1907–1913. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25272
  9. Safitri, JE, Siregar, J., Yoraeni, A., & Sariasih, FA (2022). Pelatihan membuat bahan terbuka interaktif dan menarik menggunakan Canva . PRAWARA : Jurnal ABDIMAS, 3(4), … https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.128