Main Article Content
Abstract
Kegiatan pembelajaran daring menuntut guru untuk melakukan berbagai penyesuaian, baik metode maupun media pembelajaran, agar materi dapat tersampaikan dengan efektif kepada peserta didik tanpa memberatkan mereka. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan adalah bahan ajar digital berbasis e-modul. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar digital menggunakan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas tahap persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi perizinan, koordinasi dengan mitra, serta penyiapan alat, bahan, soal pre-test dan post-test, serta materi pelatihan. Koordinasi awal dilakukan bersama Kepala Sekolah SDIT Nurul Fikri Kota Bengkulu untuk menyusun jadwal dan teknis pelaksanaan kegiatan. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan, sosialisasi diawali dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal peserta tentang Canva, dilanjutkan dengan sosialisasi dan pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan Canva, serta diakhiri post-test untuk mengevaluasi hasil pelatihan. Berdasarkan hasil post-test, seluruh peserta telah mencoba membuat bahan ajar digital dan mengenal fitur-fitur Canva. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta sebesar 95% setelah mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif bagi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring yang menarik dan inovatif.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 SATURN XXX, Septi Johan, Supiyati Supiyati, Chandra Kurniawan, Henny Johan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following conditions:The author has the copyright and entitles the journal to the first publication with works that are licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution CC BY License which allows others to share their work with the recognition of the authorship of the work and initial publications in this journal.
The author can make separate additional contract agreements for the non-exclusive distribution of published journal versions of the work (for example, posting them to the institutional repository or publishing them in a book), with recognition of the initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the delivery process because it can lead to productive exchanges, as well as quotes that are earlier and larger than published works
References
- Mahsa, M., Pratiwi, RA, Trisfayani, T., Rahayu, R., Ukhra, AR, & Ramadhana, TW (2023). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penyusunan modul digital di SMP Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara . Jurnal Abdi Mas Adzkia, 4(1), 1–?. http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v4i1.18041 Jurnal UINSU
- Syahrizaldy, A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif blended learning melalui website Canva mata pelajaran Penjaskesorkes . Jurnal Teknologi Pendidikan,. E-Jurnal Undikma + 1Jurnal Nasional UMP+ 1
- Sutomo, S., Ibrahim, N., & Hartono, R. (2023). Pengembangan e modul berbasis Canva pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat . Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10692 Jurnal Elektronik UIKA Bogor
- Chairani, VS, Mursyida, L., Fadilah, R., Astuti, M., Rahmiati, R., & Hayatunnufus, H. (2021). Peningkatan kompetensi digital guru sekolah dasar dalam membuat media pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan fitur “Canva Education” di Kecamatan Lubuk Alung . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), ?. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10924 Jurnal Pendidikan Tambusai
- Lestari, PA, Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., … Nugroho, OF (2022). Pelatihan media pembelajaran digital berbasis Canva bagi guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia di Bidang Teknik & Pendidikan (IJOCSEE), 2(1), 47–54. https://doi.org/10.17509/ijocsee.v2i1.45696 Pusat Jurnal ULM+ 2Jurnal UPI+ 2Jurnal Institut Keperawatan+ 2
- Sari, VK, Rusdiana, RY, & Putri, WK (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952 JPPIPA Unram
- Afrizal, DY, Sukirno, S., Kuntoro, K., & Suroso, E. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan Canva sebagai bahan ajar teks deskripsi memuat kearifan lokal Kabupaten Pemalang . Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 11(2), ?. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23688 Jurnal Nasional UMP
- Juliana Nabela, S., & Yurdayanti, Y. (2022). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital berbasis Canva untuk guru SDN 14 Koba, Kabupaten Bangka Tengah . Jurnal Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1907–1913. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25272
- Safitri, JE, Siregar, J., Yoraeni, A., & Sariasih, FA (2022). Pelatihan membuat bahan terbuka interaktif dan menarik menggunakan Canva . PRAWARA : Jurnal ABDIMAS, 3(4), … https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.128
References
Mahsa, M., Pratiwi, RA, Trisfayani, T., Rahayu, R., Ukhra, AR, & Ramadhana, TW (2023). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penyusunan modul digital di SMP Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara . Jurnal Abdi Mas Adzkia, 4(1), 1–?. http://dx.doi.org/10.30829/adzkia.v4i1.18041 Jurnal UINSU
Syahrizaldy, A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif blended learning melalui website Canva mata pelajaran Penjaskesorkes . Jurnal Teknologi Pendidikan,. E-Jurnal Undikma + 1Jurnal Nasional UMP+ 1
Sutomo, S., Ibrahim, N., & Hartono, R. (2023). Pengembangan e modul berbasis Canva pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat . Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 120–128. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10692 Jurnal Elektronik UIKA Bogor
Chairani, VS, Mursyida, L., Fadilah, R., Astuti, M., Rahmiati, R., & Hayatunnufus, H. (2021). Peningkatan kompetensi digital guru sekolah dasar dalam membuat media pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan fitur “Canva Education” di Kecamatan Lubuk Alung . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), ?. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10924 Jurnal Pendidikan Tambusai
Lestari, PA, Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., … Nugroho, OF (2022). Pelatihan media pembelajaran digital berbasis Canva bagi guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia di Bidang Teknik & Pendidikan (IJOCSEE), 2(1), 47–54. https://doi.org/10.17509/ijocsee.v2i1.45696 Pusat Jurnal ULM+ 2Jurnal UPI+ 2Jurnal Institut Keperawatan+ 2
Sari, VK, Rusdiana, RY, & Putri, WK (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952 JPPIPA Unram
Afrizal, DY, Sukirno, S., Kuntoro, K., & Suroso, E. (2021). Pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan Canva sebagai bahan ajar teks deskripsi memuat kearifan lokal Kabupaten Pemalang . Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 11(2), ?. https://doi.org/10.30595/mtf.v11i2.23688 Jurnal Nasional UMP
Juliana Nabela, S., & Yurdayanti, Y. (2022). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital berbasis Canva untuk guru SDN 14 Koba, Kabupaten Bangka Tengah . Jurnal Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1907–1913. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25272
Safitri, JE, Siregar, J., Yoraeni, A., & Sariasih, FA (2022). Pelatihan membuat bahan terbuka interaktif dan menarik menggunakan Canva . PRAWARA : Jurnal ABDIMAS, 3(4), … https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.128