Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu peserta didik Kelas VII B SMPN 9 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar peserta meningkat dengan cara: pembagian kelompok heterogen, pembimbingan kelompok pada kegiatan investigasi, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi dan bertanya serta memberikan apresiasi berupa pujian, tepuk tangan dan tambahan nilai. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik siklus I yaitu 24,125 (kriteria cukup). (2) Hasil belajar peserta didik meningkat dengan cara: menyusun LKPD dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, mengingatkan peserta didik mengenai materi prasyarat, dan memberikan soal latihan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar peserta didik pra siklus sampai siklus I yaitu 33,5 dan 58,7 persentase ketuntasan belajar klasikal dari pra siklus sampai siklus I yaitu 0% dan 25,8%.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Group Investigation, Hasil Belajar.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 1(2). 105-114.
- Haridi. 2018. Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan matematika Glasser, 7(2), 1-12.
- Sari, Maizora, & Herawati. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Di Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 122-126
- Rahmawati, Rusdi, & Hanifah. 2019. Penerapan Model Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 99-109
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
- Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Tanpa tahun. Bandung: Nusa Media.
- Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Guruan. Jakarta: PT RajaGafindo Persada.
- Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Utami, A. T., Rusdi, & Agustinsa, R.. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 21-30
References
Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 1(2). 105-114.
Haridi. 2018. Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan matematika Glasser, 7(2), 1-12.
Sari, Maizora, & Herawati. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Di Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 122-126
Rahmawati, Rusdi, & Hanifah. 2019. Penerapan Model Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 99-109
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Tanpa tahun. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Guruan. Jakarta: PT RajaGafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utami, A. T., Rusdi, & Agustinsa, R.. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 21-30