Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pendekatan kontekstual sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMPN 9 Kota Bengkulu yang beranggotakan 20 orang siswa, terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus dengan materi penelitian adalah sifat-sifat dari bangun datar segiempat dan segitiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan siklus 1. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pra siklus adalah 29,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 0% dan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 53,45 dengan ketutasan belajar klasikal 25%.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.
- Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
- Muflihah, Siti., & Lepith, Anerbelson. 2019. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatlkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bnagun Datar, (online), Vol. 1, No. 1, (http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/317, diakses 21 September 2019)
- Kanal73.(2019). Survei PISA Terbaru, Indonesia Berada di Peringkat 74. Diakses pada 7 Juli 2020, dari https://ww.kanal73.com/news/survei-pisa-terbau-indonesia-berada-di-peringkat-74/index.html)
- Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
- Hendriana & Soemarno. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT refika Aditama.
- Yolanda, M., dkk. 2019. Efektivitas Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 13 Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(3): 354
- Sari, SA., dkk. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kontekstual Dengan Pembelajaran Ekspositori Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(1): 67
- Nurlianti, LE., dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 02 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(2): 253
- Murniati. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN 31 Lubung Alung, (online), Vol. 4, No. 1, (https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/45/51, diakses 21 September 2019)
References
Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Muflihah, Siti., & Lepith, Anerbelson. 2019. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatlkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bnagun Datar, (online), Vol. 1, No. 1, (http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/317, diakses 21 September 2019)
Kanal73.(2019). Survei PISA Terbaru, Indonesia Berada di Peringkat 74. Diakses pada 7 Juli 2020, dari https://ww.kanal73.com/news/survei-pisa-terbau-indonesia-berada-di-peringkat-74/index.html)
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Hendriana & Soemarno. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT refika Aditama.
Yolanda, M., dkk. 2019. Efektivitas Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 13 Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(3): 354
Sari, SA., dkk. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kontekstual Dengan Pembelajaran Ekspositori Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(1): 67
Nurlianti, LE., dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 02 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(2): 253
Murniati. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN 31 Lubung Alung, (online), Vol. 4, No. 1, (https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/45/51, diakses 21 September 2019)