Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pendekatan kontekstual sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMPN 9 Kota Bengkulu yang beranggotakan 20 orang siswa, terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki.  Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus dengan materi penelitian adalah sifat-sifat dari bangun datar segiempat dan segitiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan siklus 1. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pra siklus adalah 29,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 0% dan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 53,45 dengan ketutasan  belajar klasikal 25%.

 

Keywords

Hasil Belajar Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Article Details

Author Biographies

Lara Gustina, Universitas Bengkulu

Prodi Pendidikan Matematika

Rusdi Rusdi, Universitas Bengkulu

Prodi Pendidikan Matematika

Teddy Alfra Siagian, Universitas Bengkulu

Prodi Pendidikan Matematika
How to Cite
Gustina, L., Rusdi, R., & Siagian, T. A. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMPN 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 416–424. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.416-424

References

  1. Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.
  2. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
  3. Muflihah, Siti., & Lepith, Anerbelson. 2019. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatlkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bnagun Datar, (online), Vol. 1, No. 1, (http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/317, diakses 21 September 2019)
  4. Kanal73.(2019). Survei PISA Terbaru, Indonesia Berada di Peringkat 74. Diakses pada 7 Juli 2020, dari https://ww.kanal73.com/news/survei-pisa-terbau-indonesia-berada-di-peringkat-74/index.html)
  5. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  6. Hendriana & Soemarno. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT refika Aditama.
  7. Yolanda, M., dkk. 2019. Efektivitas Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 13 Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(3): 354
  8. Sari, SA., dkk. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kontekstual Dengan Pembelajaran Ekspositori Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(1): 67
  9. Nurlianti, LE., dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 02 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika Sekolah (JP2MS). 3(2): 253
  10. Murniati. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN 31 Lubung Alung, (online), Vol. 4, No. 1, (https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/45/51, diakses 21 September 2019)