Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal yang terdapat dalam Buku Matematika SMA terbitan Kemendikbud kelas XI. Analisis soal difokuskan pada bab Limit Fungsi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Matematika SMA kelas XI edisi revisi 2017 karya Sudianto Manullang, dkk. terbitan Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal bab Limit Fungsi memiliki 0% soal dengan tingkat C1-Mengingat, 28% (14 soal) tingkat C2-Memahami, 46% (23 soal)  tingkat C3-Mengaplikasikan, 20% (10 soal) tingkat C4-Menganalisis, 6% (3 soal) tingkat C5-Mengevaluasi, dan 0% soal dengan tingkat C6-Mencipta.

Keywords

Analisis Soal Buku Matematika SMA Taksonomi Bloom

Article Details

How to Cite
Meutia, M. F., Yensy B, N. A., & Rusdi, R. (2021). ANALISIS SOAL BAB LIMIT FUNGSI DALAM BUKU MATEMATIKA SMA KEMENDIKIBUD KELAS XI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 41–49. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.41-49

References

  1. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R.(Eds.). (2017). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal . Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Depdiknas. (2005). Permendiknas No. 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas
  4. Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
  5. Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Matematika : edisi revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Jaya, S., Maizora, S., & Muchlis, E. E. (2019). Pengambangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3 No. 3, 286.
  7. Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
  8. Margono. (2004). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  9. Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  10. Purwantika , F., Yensy B, N. A., & Agustinsa, R. (2020). Perbedaan Proses Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dengan Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Penelitian Pembelajaran (JP2MS), 4 No. 1, 1.
  11. Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/Mts kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, (Online), Vol 6, No. 1, 65-73
  12. Utami, F. R., Susanta, A., & Yensy, A. N. (2017). Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Quick On The Draw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika(JP2MS), 1 No. 2, 182.