Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 47% atau 14 siswa, meningkat 20% pada siklus I menjadi 67% atau 20 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat 20% menjadi 87% atau 26 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Bengkulu tahun 2020/2021.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adinawan, M. Cholik.2017, “MATEMATIKA SMP Jilid 2A Kelas VIII Semester 1.” Jakarta:Erlangga
- Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
- Diemas P.P Dan Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.
- Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. Dalam https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
- Gumanti, Tatang Ary., Yunidar, & Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
- Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon:SMA Negeri 1 Losari.
- Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sundayana . 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
References
Adinawan, M. Cholik.2017, “MATEMATIKA SMP Jilid 2A Kelas VIII Semester 1.” Jakarta:Erlangga
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Diemas P.P Dan Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.
Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. Dalam https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
Gumanti, Tatang Ary., Yunidar, & Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon:SMA Negeri 1 Losari.
Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana . 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.