Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester ganjil ditinjau dari aspek kognitif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2017/2020. Berdasarkan pada Taksonomi Bloom revisi terdapat ada 6 tingkat proses kognitif. Dalam tingkat kognitif mencakup dari Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluai (C5), Mencipta (C6). Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dari penelitian ini dengan jumlah soal ujian semester ganjil kelas VII di SMP Negeri 13 Mukomuko tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 40 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori level kognitif “Memahami” C2 sebanyak 16 soal (40%), “Mengaplikasikan” 24 soal (60%) dan untuk Mengingat (C1), Menganalisis (C4), Mengevaluai (C5), Mencipta (C6) tidak ada sama sekali. Kemudian berdasarkan Validitas terdapat 11 soal yang valid yaitu soal nomor 1, 4, 6, 7, 11, 18, 24, 26, 32, 38, 39. Untuk Reabilitas didapat nilai 0,348 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak reliabel. Untuk Tingkat Kesukaran didapat bahwa yang termasuk dalam kategori mudah 38 soal (95%), dan kategori sedang 2 soal (5%). Untuk Daya Pembeda didapatkan bahwa yang termasuk dalam kategori “Baik” 5 soal (12,5%), “Cukup” 9 soal (22,5%), “Jelek” 26 soal (65%). Sedangakan untuk fungsi Pengecoh diketahui bahwa soal yang termasuk dalam kategori “Baik “berjumlah 14 soal, kategori “Cukup” berjumlah 17 soal, kategori “Jelek” berjumlah 9 soal.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- A’yun, N. Q. (2017). Kesesuaian Tingkat Berpikir Soal Ujian Dengan Tujuan Pembelajaran Pada Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Bangunan, 22(2).
- Binethara, P. (2017). Identifikasi Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Dan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Lampung.
- Gueudet, G., Pepin, B., Restrepo, A., Sabra, H., & Trouche, L. (2018). E-textbooks and connectivity: proposing an analytical framework. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 539–558.
- Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta : Bumi Aksara.
- Herawati, A., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Mengunakan Pembelajaran Example Non Example Di SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 58–65.
- Hua Lan, W., & Lan Chern, C. (2010). No Title. Using Revised Bloom’s Taxonomy to Analyze Reading Comprehension QUestions on the SAET and the DRET, 18 N0 3, 11.
- Lestari, E. K., & Yudhanegara, M. . . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
- Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Sari, Y. P., Amilda, A., & Syutaridho, S. (2017). Identifikasi kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 146–164.
- Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung : Graha Ilmu.
- Septiyani, D. Y., Yensy, N. A., & Maizora, S. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 127–136.
- Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
- Susanto, E & Rusdi, (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
References
A’yun, N. Q. (2017). Kesesuaian Tingkat Berpikir Soal Ujian Dengan Tujuan Pembelajaran Pada Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Bangunan, 22(2).
Binethara, P. (2017). Identifikasi Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Dan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Lampung.
Gueudet, G., Pepin, B., Restrepo, A., Sabra, H., & Trouche, L. (2018). E-textbooks and connectivity: proposing an analytical framework. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 539–558.
Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Herawati, A., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Mengunakan Pembelajaran Example Non Example Di SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 58–65.
Hua Lan, W., & Lan Chern, C. (2010). No Title. Using Revised Bloom’s Taxonomy to Analyze Reading Comprehension QUestions on the SAET and the DRET, 18 N0 3, 11.
Lestari, E. K., & Yudhanegara, M. . . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sari, Y. P., Amilda, A., & Syutaridho, S. (2017). Identifikasi kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 146–164.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung : Graha Ilmu.
Septiyani, D. Y., Yensy, N. A., & Maizora, S. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 127–136.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, E & Rusdi, (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.