Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks Kemendikbud Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 pada materi Persamaan Garis Lurus dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, ditinjau dari aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian menurut standar BSNP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian buku teks berdasarkan standar BSNP dengan memperhatikan aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Uji Kappa dengan bantuan SPSS untuk melihat kesepakatan antara dua orang penilai yaitu peneliti dan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan rata-rata skor pada aspek kelayakan isi/materi sebesar 78,30% dengan kriteria baik dan perolehan rata-rata skor pada aspek penyajian sebesar 65,47% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku teks Kemendikbud Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 telah memenuhi standar aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian menurut BSNP.
Kata kunci: BSNP, Buku Teks, Aspek Kelayakan Isi/Materi, Aspek Penyajian
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ani, W. A., Yensy, N. A., dan Susanta, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Ekspositori ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 29-39.
- BSNP. (2011). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
- Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kusioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol 2 (2). Hal 169-178.
- Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
- Permana, M. A., Muchlis, E. E., dan Susanta, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Metode Problem Solving pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 17-29.
- Pramesti, S. L. D. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Vol 5 (1). Hal 25-32.
- Sabillah, F. S., Yensy, N. A., dan Maizora, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 3 (1). Hal 110-119.
References
Ani, W. A., Yensy, N. A., dan Susanta, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Ekspositori ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 29-39.
BSNP. (2011). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kusioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol 2 (2). Hal 169-178.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Permana, M. A., Muchlis, E. E., dan Susanta, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Metode Problem Solving pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 17-29.
Pramesti, S. L. D. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Vol 5 (1). Hal 25-32.
Sabillah, F. S., Yensy, N. A., dan Maizora, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 3 (1). Hal 110-119.