Main Article Content

Abstract

dengan dua siklus. Setiap siklus teridi dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 MA Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah sebanyak 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes berpikir kritis dan lembar obeservasi. Hasil peneltian diperoleh kesmpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus.  Pada siklus I dengan nilai rata-rata 60,05 dan  ketuntasan belajar 62,50% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,50 dan ketuntasan belajar 79,16%. Peningkatan dengan melakukan beberapa tindakan: (a) menyiapkan masalah  nyata pada awal pembelajaran, (b) menyiapkan bahan ajar berupa LKS, (c) membentuk kelompok kecil dalam pembelajaran.

Keywords

Penelitian tindakan kelas Problem based learning kemampuan berpikir kritis

Article Details

How to Cite
Malinda, G. (2021). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 139–146. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.139-146

References

  1. Arends, R.I., & Kilcher, A. 2010. Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York: Routledge
  2. Arlinta, S., P., Rinanto, Y., & Majono. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-4 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2014/2015, BIO-Pedagogi, Vol 4 (2), 39-43
  3. BSNP. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP
  4. Ismail, dkk. 2004. Kapita Selekta Pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas terbuka
  5. Jhonson. B. 2002. Contextual Teaching & Learning.Bandung : MLC
  6. Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59, Tahun 2013, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
  7. Maqbullah , S., Sumiayti, T., & Muqodas, I. 2018. Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan ke-SDan. Vol 13 (2), 106-112
  8. Rahayu, Hidayat, & Kusairi, S. 2018. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan. Vol 3 (2), 1587-1593
  9. Rahmah, Luthfiana Ainur., Soedjoko, Edy., & Suneki. 2019. Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X SMAN 7 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 807-812
  10. Ratnaningsih, Nani. 2007. Pengaruh Pembalajaran Kontektual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Desertasi. Pasca Sarjana UPI
  11. Setyorini, S., Sukiswo, & Subali, E. 2011. Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 7(1), 52-56
  12. Sudjana, N. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  13. Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,Vol 3(2),189-197.
  14. Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi. 2020. Peningkatan Kepercayaan Diri Mahasiswa dalam Pembelajaran