Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 72,3; 74,5; dan 79,5 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 47,22%; 71,88% dan 86,11%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut-turut adalah 16,5 (kriteria cukup), 23,8 (kriteria aktif) dan 26 (kriteria aktif).

Article Details

How to Cite
rapitasari, dian, herawaty, dewi, & yensy, nurul astuty. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 87–93. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.87-93