Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VC untuk kelas kontrol tidak menggunakan media manipulatif dan kelas VA untuk kelas eksperimen menerapkan penggunaan media manipulatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes diberikan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Untuk analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan media manipulatif lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar tanpa menggunakan media manipulatif. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t hitung (14,57) > t tabel (2,00). Nilai thitung yang diperoleh lebih dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Rizki, lidya D., Yensy B., N. A., & Rusdi, R. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 47–53. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.47-53

References

  1. Amir, Almira M.Si. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal pendidikan. Forum Pendagogik Vol. IV. No 01. 2014.
  2. Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara.
  3. ________________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Jihad, Asep dan Abdul Hamid. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi
  5. Pressindo
  6. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
  7. Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R.2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika Aditama.
  8. Muhsetyo, Gatot dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  9. Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  10. Sugiyono, 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  11. ________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta