PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nisa Setiawati(1), Rusdi Rusdi(2), Nurul Astuty Yensy(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen VII.D dengan jumlah 34 siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre solution dan kelas kontrol VII.F dengan jumlah 34 siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,047 lebih dari nilai ttabel = 1,9965 dalam taraf signifikan 5%. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : pembelajaran problem posing tipe pre solution, pembelajaran konvensional, hasil belajar

Abstract

This study aims to determine whether the results of learning mathematics students between learning Problem Posing Pre Solution Type is higher than the results of learning with conventional learning in class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. This research is an experimental research with population of this research is student of class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. The samples were taken by purposive sampling technique so that the experimental class VII.D was obtained with the number of 34 students applying the model of problem posing of pre-solution type and control class VII.F with 34 students applying conventional learning. Based on the results of data analysis using t test obtained t count = 2.047 more than the value of ttable = 1.9965 in a significant level of 5%. Then Ho is H0 rejected so it can be concluded that the results of learning mathematics students by applying learning Problem Posing Pre Solution Type is higher than the student learning outcomes by applying conventional learning in class VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu.

 

keywords: problem posing learning pre solution type, conventional learning, learning outcomes


Keywords


problem posing learning pre solution type, conventional learning, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Adinawan, C.M. & Sugijono. (2014). Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Emzil. (2012) Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta, Rajawali Pers

Hamzah, M.A, & Muhlisrarini. (2014) Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta, Rjawali Pers

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Ngalimun. (2011). Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Pressindo

Ruseffendi. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompentensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta, Rineka Cipta

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Thobroni, M. (2015) Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.176-181

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nisa Setiawati, Rusdi Rusdi, Nurul Astuty Yensy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A