Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Think Talk Writedalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Think Talk Writedapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan alat peraga, pembagian kelompok belajar secara heterogen, memberikan bantuan belajar khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah, melakukan pendekatan serta memberikan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti tahapan pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 2,63; 2,92; 3,76.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.