Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 19,6; 22,25; 25,5.

Keywords

aktivitas siswa model pembelajaran kooperatif powerpoint team games turnamen.

Article Details

How to Cite
furqany, rizka, Muchlis, E. E., & Hanifah, H. (2017). AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAME-TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 197–201. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.197-201

References

  1. Aqib, Zainal, dkk.(2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung :Yrama Widya
  2. Arikunto, Suharsimi.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Haryono.(2005).Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books.
  4. Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
  5. Kaltsum. (2015). Penerapan Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 11 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu
  6. Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (N. Yusron, Penerj.) Bandung: Nusa Media.
  7. Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.