AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAME-TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT

rizka furqany(1), Effie Efrida Muchlis(2), Hanifah Hanifah(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 19,6; 22,25; 25,5.


Keywords


aktivitas siswa, model pembelajaran kooperatif, powerpoint, team games turnamen.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dkk.(2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung :Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Haryono.(2005).Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books.

Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kaltsum. (2015). Penerapan Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 11 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (N. Yusron, Penerj.) Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.197-201

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 rizka furqany, Effie Efrida Muchlis, Hanifah Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A