Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F MTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT berbantuan Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 19,6; 22,25; 25,5.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Zainal, dkk.(2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung :Yrama Widya
- Arikunto, Suharsimi.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
- Haryono.(2005).Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books.
- Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
- Kaltsum. (2015). Penerapan Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 11 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu
- Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (N. Yusron, Penerj.) Bandung: Nusa Media.
- Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
References
Aqib, Zainal, dkk.(2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung :Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi.(2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Haryono.(2005).Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Amara Books.
Hamdani, 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kaltsum. (2015). Penerapan Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMPN 11 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Bengkulu
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (N. Yusron, Penerj.) Bandung: Nusa Media.
Sudjana, Nana.(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.