Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan Pendekatan Saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini berjumlah 30 yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah Semester genap tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III secara berturut-turut: 21,17 (kriteria cukup aktif); 26,33 (kriteria aktif); 31,84 (kriteria aktif).

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Model Think Talk Write dan Aktivitas Belajar Siswa

 

Abstract

The purpose of this study was to improve student learning activities by applying the Scientific Approach and cooperative learning model type Think Talk Write (TTW). The subjects of this study is 30 students of class VII B SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah 2016/2017 academic year. The type of research is Classroom Action Research (PTK) which is implemented in three cycles with the three steps:planning, action, observation, and reflection. Instrument used in this research was observation sheet of student learning activity. The results showed that the application of the Scientific Approach and cooperative learning model type TTW could improve student learning activities. Increased student learning activity could be seen from the average score on the observation sheet of student learning activities from cycle I to cycle III with criteria respectively: 21.17 (active enough); 26.33 (active); 31.84 (active).

Keywords: Scientific Approach, Think Talk Write Model and Student Learning Activities

Keywords

pendekatan saintifik think talk write aktivitas belajar siswa

Article Details

How to Cite
Silaen, D. Y., Hanifah, H., & Maulidiya, D. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 68–75. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.68-75

References

  1. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  2. Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gaya Media.
  3. Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
  4. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstekstual Dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  7. Nurkancana, W., dan Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
  8. Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  9. Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  10. Sudijono, Anas. (2003). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  11. Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Suningsih, A., Kusmayadi, T. A., dan Riyadi. (2014). Eskperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif TTW dan TPS pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Pringsewu. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 2, No. 4, hlm. 411-421.