Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan berbantuan LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan aktivitas siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian adalah Kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa di lihat pada siklus I sampai siklus III yaitu 14,74(kurang aktif); 21,41(cukup aktif); 25,50(aktif) .

Kata kunci: aktivitas belajar, LKPD Berbasis Masalah, Team Assisted Individualization (TAI).

 

Abstract

The purpose of this research is to know how to apply cooperative learning model of Team Assisted Individualization (TAI) type with problem-based LKPD assisted to improve student activity on the material of flat side room. This research is a Classroom Action Research with data collection technique through student activity observation sheet. Subjects in the study were Class VIII.8 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu 2016/2017 academic year amounted to 23 students. The results showed the increase in student learning activities in the see on the cycle I to cycle III that is 14.74 (less active); 21.41 (active enough); 25.50 (active).

Keywords: learning activities, Problem Based LKPD, Team Assisted Individualization (TAI)

Keywords

aktivitas belajar LKPD berbasis masalah Team Assisted Individualization (TAI).

Article Details

How to Cite
Aliza, F., Rusdi, R., & Rahimah, D. (2018). AKTIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN BERBANTUAN LKPD BERBASIS MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 20–24. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.20-24

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi aksara
  2. Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
  3. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
  4. Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  5. Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
  6. Rusman. 2011. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
  7. Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  8. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  9. Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
  10. Thobroni,M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  11. Zarkasyi, Wahyudin. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.