Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) pada penerapan model pembelajaran kooperatif model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi bahasa angket tes kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), lembar angket tes kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences), dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil tes kecerdasan majemuk diperoleh enam kecerdasan yang dominan dikelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yakni kecerdasan interpersonal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan visual-spasial, dan kecerdasan kinestetik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata tes hasil belajar siswa siklus I hingga siklus III yakni, yakni 68.63; 67.88; dan 89.30. Dengan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sampai siklus III sebesar 56.52%, 60.87% dan 91.30%.

Kata kunci: Kecerdasan Majemuk, Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division, Hasil belajar

Abstract

This study aims to determine the effort to improve student learning outcomes by utilizing multiple intelligences (Multiple Intelligences) on the application of cooperative learning model of cooperative learning model of Student Teams Achievement Division (STAD) type. This research is a Classroom Action Research (PTK). Subjects in this study were students of class VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu which amounted to 23 students. This research instrument is language validation sheet questionnaires test multiple intelligence (Multiple Intelligences), sheet of questionnaires test multiple intelligence (Multiple Intelligences), and test sheet learning results. Based on the results of multiple intelligence tests obtained six dominant intelligence class VIII C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu namely interpersonal intelligence, kinesthetic intelligence, intrapersonal intelligence, logic-mathematical intelligence, visual-spatial intelligence, and kinesthetic intelligence. Improvement of student learning outcomes can be seen from the average test result of student learning cycle I to cycle III that is, that is 68.63; 67.88; and 89.30. With the percentage of students' learning completeness classically in the first cycle until the third cycle of 56.52%, 60.87% and 91.30%.

 

Keywords

Kecerdasan Majemuk Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division Hasil belajar

Article Details

How to Cite
Widaryanti, D., Herawaty, D., & Muchlis, E. E. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.25-34

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Aqib, Z., & dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD,SLB dan TK. Bandung: CV. Yarma Widya.
  3. Arikunto, S. (2009). Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  4. Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  5. Herawaty, D., Rusdi & Muchlis, E. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berdasarkan Konflik Kognitif Siswa. The 2016 Jambi Internasional Seminar on Education (JISE). 478-485.
  6. Herawaty, D., Rusdi & Muchlis, E. E. (2016). Model Pembelajaran Matematika SMP untuk Mengatasi Rendahnya Kompetensi Dasar Siswa SMP Kota Bengkulu. Jurnal Matematika Raflesia, 1, 39-64.
  7. Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Jihad, A., & Abdul, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  9. Nurkancana, W., & Sunartana, P. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
  10. Slavin, Robert E. (2015). Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  11. Sindoro, A. (2003). Multiple Intelligences Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek Howard Gardner Pengarang Frames of Mind. Batam Centre : Interaksara
  12. Ula, S. S. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
  13. Violinda, Q. (2012). Implementasi Metode Smart Learning Solution Berdasar Teori Multiple Inteligence dalam Pengembangan Potensi Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 1, 37-43.