Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model MASTER (mind, acquire the facts, search out the meaning, trigger the memory, exhibit what you know, reflect) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. . Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPS C sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 33 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran MASTER dan XI IPS D sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 2,421 dengan taraf nyata (?) = 5% dan dk = 63 menghasilkan ttabel yaitu 1,669 jadi thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, MASTER (mind, acquire the facts, search out the meaning, trigger the memory, exhibit what you know, reflect)

Keywords

Model Master (Mind Acquire The Facts Search Out The Meaning TriggerThe Memory Exhibit What You Know Reflect)

Article Details

Author Biography

Oktavia Rahma Putri, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Bengkulu

How to Cite
Putri, O. R., Rusdi, R., & Susanta, A. (2018). PENGARUH MODEL MASTER (Mind, Acquire The Facts, Search Out The Meaning, TriggerThe Memory, Exhibit What You Know, Reflect) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMAN 06 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 42–48. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.42-48

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. .................................. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  3. B.Uno,Hamzah.2007.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.Jakarta:Sinar Grafika Offset.
  4. Prastowo, Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.
  5. Rose, Colin dan Malcolm J. Nichool.2002. Accelerated Learning. Bandung:Nuansa
  6. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
  7. Sudjana,Nana.2002.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algesindo.
  8. Suherman Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA.UPI.
  9. Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada