Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang menerapkan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes. Untuk analisis data instrumen tes menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,91 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 59,41. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis nilai  thitung = 6,463 > nilai ttabel = 2,000 dengan = 5%. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: hasil belajar, penemuan terbimbing, strategi ekspositori

 

Abstract

The aim of the research is to know how to the effect of guided discovery learning model to study’s result student class VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Population of this research is students class VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sample of this research is student class VIII D for the experiment class apply to guided discovery learning model and class VIII E for control class apply to expository learning strategy. The technique data collection is instrument test. To analyze the instrument test data using the formula t-test with normal distribution data and homogen. Based on the research value the average study’s result experiment class higher than the average study’s result control class. The average of experimental class is 80,91 and the average of control class is 59,41. This is consistent with the value hypothesis test result valuet = 6,463 < value table = 2,000 with   = 5%. Then H0 is rejected so that it can be concluded that there is the effect of guided discovery learning model to study’s result student class VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.

Keyword: study’s result, guided discovery, expository strategy

 

Keywords

study’s result guided discovery expository strategy

Article Details

How to Cite
Trinofita, B., Susanta, A., & Hanifah, .-. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 1–5. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.1-5

References

  1. Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara
  2. Afni, Renita Nur dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 2 Rambah Hilir. Jurnal Mahasiswa S-1 Pendidikan Matematika, (online), Vol. 3, No. 1, (https://e-journal.upp.ac.id, diakses 25 Januari 2018).
  3. Apriani, Fitri Pratiwi. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Untan Vol 3 (1), 2014.
  4. Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
  5. Hosnan. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.
  7. Satyawati, Ni Nyoman Sri Budi. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbasis LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Siswa Kelas X SMA N 1 Bangli. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha, (online), Vol. 2. No. 2, (https://pasca.undiksha.ac.id, diakses 19 Februari 2018).
  8. Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume balok. Jurnal elektronik pendidikan matematika tadulako, Vol. 1(1), 2013.
  9. Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  10. Wisnawati, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, (online), Vol. 2, No. 1, (https://ejournal.undiksha.ac.id, diakses 25 Januari 2018)