Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Active Learning Start With A Question sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIIB SMP Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah adalah lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara membentuk kelompok diskusi yang heterogen, menggunakan bahan ajar berupa handout, membimbing untuk mengambil andil tugas kegiatan kelompok, dan memberikan motivasi dan apresiasi berupa nilai plus dan pujian. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 14 (kriteria kurang); 20,375 (kriteria cukup); 26,5 (kriteria baik).

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Model Active Learning Start With A Question

 

Abstract

This study aims to find out how to apply Active Learning Start With A Question Models so as to improve learning outcomes of mathematics on the topics of rectangle and triangle. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subject of this research is 22 students of class VII B SMP Negeri 6 Bengkulu City even semester of 2017/2018 academic year. The instrument used is activity observation sheets. The results showed that there was an improvement in the student's learning activities by forming heterogeneous discussion groups, using handout as assistance, guiding them to take on the task of group activities, and providing motivation and appreciation in the form of plus values and praise. The improvement of learning activity can be seen from the average score on the observation sheets of student learning activities from cycle I to cycle III respectively: 14 (less criteria); 20,375 (sufficient criteria); 26,5 (good criteria).

Keywords: Learning Activity, Active Learning Start With A Question Models

Keywords

Learning Activity Active Learning Start With A Question Models

Article Details

Author Biographies

Nopriza Rahmawati, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

Rusdi Rusdi, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

Hanifah Hanifah, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
How to Cite
Rahmawati, N., Rusdi, R., & Hanifah, H. (2019). PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 99–109. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.99-109

References

  1. Arikunto,S.Suhardjono&Supardi.2014.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
  2. Hosnan,M.2014.Pendekatan Saintifik dan kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia
  3. Kunandar.2013.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
  4. Muhammadi.2011.Mozaik Pembelajaran Inovatif.Padang: Sukabina Press
  5. Sardiman.2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grasindo Persada
  6. Sudjana, Nana.2011.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Silberman,Melvin.2016.Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif..Bandung: Nuansa
  8. Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. Susatyo,E.B., S.M. Rahayu & R.Yuliawati.2009. Penggunaan Model Learning Start With A Question dan Self Regulatif Learning Pada Pembelajara Kimia.Universitas Negeri Semarang: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3 (1): 406-412
  10. Supriyadi.2015.Strategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Cakrawala Ilmu
  11. Suseno,H.2016.Penerapan Model Inquiry Learning dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Abstrak dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA.Jurnal Edukasi dan Sains.Vol.4, No.1
  12. Wartahati,K., Sofia Edriati & Siskha Handayani.2015.Penerapan Strategi Aktif Tipe Learning Start With A Question Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang.STKIP PGRI Sumatera Barat.
  13. Zaini, Munthe dan Aryani.2017.Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta:CTSD (Center for Teaching Staff Development)