Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dalam pembelajaran Matematika dengan menerapakan model pembelajaran Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 21; 28; 31.
Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran Think Pair Share
Abstract
This study aims to improve the activities of students of class VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu in learning mathematics by applying the model of learning cooperative learning Think Pair Share type. This type of research is classroom action research (CAR) which is carried out in three cycles with the research flow that is action planning, action implementation, observation, and reflection. The subject of this research is the students of class VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Even Semester of the School Year 2017/2018 with the number of learners consists of 13 male students and 20 female students. Data collection is done by using observation sheet and end test cycle. The results showed that the learning activity of the students can be seen from the average score of the students' activity from cycle I to cycle III, namely: 21; 28; 31.
.
Keywords: activity, learning outcomes, learning model Think Pair Share
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agustina, Hertika dkk.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kelas Viii E Smp Negeri 2 Malang.Universitas Negeri Malang
- A.M, Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Azizah, Nur.2008. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk aktivitas siswa dan hasil belajar matematika anak tunarungu:Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Biasa.Vol.4, No.1.
- Danim, sudarwan.2013. penghantar pendidikan. Bandung:ALFABETA
- Darmawan, Deni dan Permasih. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran: Bandung.Raja Grafindo Perseda
- Dimyati dan mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Evie, Marinus dan Putu, Ni.2015.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMPN 20 Palu.vol.4, no 1.
- Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
- Isjoni. 2016. Cooperative Learning. Bandung:ALFABETA
- Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin.2016.Ragam Pengenbangan Model Pembelajaran.Jakarta:Kata Pena
- Melyawati.2014.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 13 Palu.vol.2,no.1.
- Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Raja grafindo perseda
- Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas
- Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya
- Suherman, Erman dan Winatapura, Udin S. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
- Sumadayo, Samsu.2013. Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Graha Ilmu
- Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
- Tahir, Wahdah M. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Kartu Bilangan pada Pembelajaran Matematika. Universitas Tanjungpura
- Thobroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Zulkarnain, Iskandar dan Djamilah, Soraya.2015. Penerapan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama:Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.3, No.1.
References
Agustina, Hertika dkk.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kelas Viii E Smp Negeri 2 Malang.Universitas Negeri Malang
A.M, Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Azizah, Nur.2008. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk aktivitas siswa dan hasil belajar matematika anak tunarungu:Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Biasa.Vol.4, No.1.
Danim, sudarwan.2013. penghantar pendidikan. Bandung:ALFABETA
Darmawan, Deni dan Permasih. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran: Bandung.Raja Grafindo Perseda
Dimyati dan mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Evie, Marinus dan Putu, Ni.2015.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMPN 20 Palu.vol.4, no 1.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Isjoni. 2016. Cooperative Learning. Bandung:ALFABETA
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin.2016.Ragam Pengenbangan Model Pembelajaran.Jakarta:Kata Pena
Melyawati.2014.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 13 Palu.vol.2,no.1.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Raja grafindo perseda
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman dan Winatapura, Udin S. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Sumadayo, Samsu.2013. Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Graha Ilmu
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Tahir, Wahdah M. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Kartu Bilangan pada Pembelajaran Matematika. Universitas Tanjungpura
Thobroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zulkarnain, Iskandar dan Djamilah, Soraya.2015. Penerapan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama:Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.3, No.1.