Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi hasil belajarnya masih belum maksimal, masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dengan pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif (Descriptive Research). Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling,  sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu  tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 orang. Istrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar tes. Data hasil tes ini dilakukan pengujian validitas, realibilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 51,61% nilai posttest peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran Problem Posing tipe Post-solution posing berada diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai rata-rata kelas adalah 73,74.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Posing tipe Post Solution Posing

 

ABSTARCT

This study aimed to describe the learning outcomes of students of class XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu learning Problem Posing Post Solution Posing Type. This research was descriptive research (Descriptive Research). The sample was taken by using purposive sampling technique, the sample in this study was the students of class XI SMA Negeri 2 Bengkulu City academic year 2017/2018 which amounted to 36 students. The instrument used for data collection in this study was the test sheet. Data test results were then tested the validity, reliability, difficulty level, and differentiating power problems. The results showed that 51.61% of the posttest scores of students who learned to use Problem Posing learning in the Post-solution posing type were above the minimum completeness criteria (KKM) with an average grade of 73.74.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Posing type Post Solution Posing 

Keywords

Hasil Belajar Problem Posing tipe Post Solution Posing

Article Details

How to Cite
Margono, E., Maulidiya, D., & Hanifah, H. (2019). ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 151–156. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.151-156

References

  1. Arikunto, S. (2007) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek EdisiRevisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.
  2. Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
  3. Dameyani (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 05 Kota Bengkulu Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing
  4. Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktive Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8, No.2
  5. Ompusunggu, V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing, Jurnal Saintech, 7. Vol 6, No. 4.
  6. Riyana, Astina (2015). Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor). Jakarta.
  7. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
  8. Siswanto, W., & Subanji. (2010). Model-Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Malang.
  9. Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  10. Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.