Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran probing prompting agar terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika dari siklus I hingga siklus III yaitu berturut-turut, 54% kategori sedang; 79% kategori tinggi; dan 87% kategori sangat tinggi. peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan cara memberikan bimbingan untuk menyelesaikan LKPD sesuai dengan indikator berpikir kritis, memberikan pertanyaan probing prompting dengan tingkat kognitif penerapan, menggunakan alat peraga.
Kata kunci : Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan berpikir kritis matematika
Abstract
This study aims to determine how to implement the model probing prompting learning in order to critical thinking skills of mathematics students class VIII. 1 SMP N 04 City of Bengkulu. This type of research carried out is a Class Action Research (PTK) with data collection through achievement test and Worksheet Students (LKPD). Subjects in this study was the students of class VIII 1 SMP N 04 City of Bengkulu 2017/2018 academic year. The results of this study indicate probing prompting learning model application can improve critical thinking skills of mathematics learners. Increase critical thinking skills of mathematics from the first cycle to the third cycle, 54% moderate category; 79% of high category; and 87% very high category. increase in critical thinking skills can be done by providing guidance to resolve LKPD according to indicators of critical thinking, providing probing questions prompting the cognitive level of the application, using props.
Keywords : Probing Prompting Learning Model, critical thinking skills of mathematics
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arifah, Fita Nur.(2017).Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah untuk Guru.Yogyakarta: Araska.
- Aqib,Zainal dkk.(2016).Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK.Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Bassham, Gregory etc.(2011).Critical Thinking A Student’s Introduction. New York:McGraw-Hill.
- Emilia Tiara Putri.2016 .“Penerapan Strategi Bertanya Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII 1 Semester 2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Sarjana Universitas Bengkulu.
- Fisher, Alec.(2009).Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta: Erlangga.
- Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari.(2017).Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.
- Huda, Miftahul.(2014).Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Mayasari dkk .2014. “Penerapan Tekhnik Probing-Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas VIII MTSN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Ilmiah Program studi Matematika.(Online), Vol 2. No.1
- Normaya, Karim.Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Pendidikan Matematika, (Online).Vol 3, No 1.
- Santoso, Subyanto dkk .2014.“Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Pada Peserta didik Kelas X Kulit A SMK Negeri 5 Yogyakarta”.Jurnal Pendidikan Matematika.(Online), Vol 2, No 1
- Shadiq, Fadjar.(2014).Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Shoimin, Aris.(2014).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Suwarma, Dina Mayadiana.(2009).Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.Jakarta: Cakrawala Maha Karya.
References
Arifah, Fita Nur.(2017).Penelitian Tindakan Kelas & Karya Tulis Ilmiah untuk Guru.Yogyakarta: Araska.
Aqib,Zainal dkk.(2016).Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bassham, Gregory etc.(2011).Critical Thinking A Student’s Introduction. New York:McGraw-Hill.
Emilia Tiara Putri.2016 .“Penerapan Strategi Bertanya Probing Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII 1 Semester 2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Sarjana Universitas Bengkulu.
Fisher, Alec.(2009).Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta: Erlangga.
Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari.(2017).Penilaian Pembelajaran Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul.(2014).Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mayasari dkk .2014. “Penerapan Tekhnik Probing-Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas VIII MTSN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Ilmiah Program studi Matematika.(Online), Vol 2. No.1
Normaya, Karim.Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Pendidikan Matematika, (Online).Vol 3, No 1.
Santoso, Subyanto dkk .2014.“Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Pada Peserta didik Kelas X Kulit A SMK Negeri 5 Yogyakarta”.Jurnal Pendidikan Matematika.(Online), Vol 2, No 1
Shadiq, Fadjar.(2014).Strategi Pemodelan Pada Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shoimin, Aris.(2014).68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suwarma, Dina Mayadiana.(2009).Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika.Jakarta: Cakrawala Maha Karya.