Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi prosedur Four-D (4D) yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap define (pendefinisian) design (perancangan)  dan develop (pengembangan) yang terdiri dari uji validitas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi kontruksi dan lembar validasi bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning pada Materi Bangun Datar Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah termasuk dalam kategori  sangat valid dari segi materi berdasarkan sebelas aspek yang dinilai, valid dari segi kontruksi berdasarkan sepuluh aspek yang dinilai dan valid dari segi bahasa berdasarkan enam aspek yang dinilai dengan skor rata-rata 4,48.

Kata Kunci: Validitas, Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery Learning

 

ABSTRACT

This research aimed to produce student’s worksheets Based Discovery Learning on Dimentional Figure Rectangular Material at grade VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah that are valid, practical and effective category. This research was a research and development by adopting procedure of four-D (4D) which was modified into 3D namely define, design, and development phase consisting of validity. Validity instrument were sheet of material sheet, construction sheet, and language sheet. The result of the research showed that LKPD Based Discovery Learning on Dimentional Figure Rectangular Material at  grade VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah was included in the category being very valid in the eleven aspects of material, being very valid in the ten aspets construction, and being very valid in the six aspects language with average score 4,48

Keywords: Validity, student’s Worksheet , Discovery Learning

Article Details

Author Biographies

Yulia Rachmawati, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu

Syafdi Maizora, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu

Della Maulidiya, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu
How to Cite
Rachmawati, Y., Maizora, S., & Maulidiya, D. (2019). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 162–171. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.162-171

References

  1. Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Danim, S. (2013). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
  3. Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Maizora, Syafdi. (2011). "Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial FKIP Universitas Bengkulu". Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
  5. Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  6. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan AjarInovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  7. Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
  9. Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  10. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.