Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan  model  pembelajaran  SAVI dengan saintifik  pada materi Statistika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling ditentukan berdasarkan nilai rata-rata tes awal siswa yang sama. Sehingga diperoleh siswa  kelas VIII 7 berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 6 yang terdiri dari 36 orang siswa sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan dengan uji-t independent, diperoleh bahwa uji-t independent untuk hasil postes kedua kelas sampel dengan taraf signifikan  didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf signifikan ( dan  maka H0 ditolak. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan pendekatan saintifik dan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik saja pada kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Hasil belajar, Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intellectuall)

 

Abstract

The aim of this study to know SAVI difference with scientific learning model at Statistics material to the results of students' mathematics learning class VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. Type of research is quasi-experimental research design with research The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. The population in this research is class VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. Sample selection is done by purposive sampling technique is determined based on the average value of the initial tests the same students. Thus obtained the eighth grade 7 totaling 35 people as an experimental class and class VIII 6 which consists of 36 students as control class. Prerequisite test analysis using normality test and homogeneity test. Data were analyzed by independent t-test, found that the independent t-test to the results of the second post-test sample classwith a significant level obtained  gained sig rate.(2-tailed) = 0,000 < significant level  then H0 is rejected. It indicates that there are differences in learning outcomes mathematics between students who use learning model SAVI approach to scientific and students who use the approach of scientific course at class VIII SMPN 4 Kota Bengkulu

Keywords: learning outcomes, SAVI learning model (Somatic, Auditori, Visual, Intellectuall)

Keywords

Kata Kunci Hasil belajar Model pembelajaran SAVI (Somatic Auditori Visual Intellectuall)

Article Details

How to Cite
Putra, R., Maulidiya, D., & Muchlis, E. E. (2019). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 188–195. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.188-195

References

  1. Arikunto, S. (1986). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.
  2. Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  4. Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  5. Lestari, K. E., & Yhudanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bamdung: PT Refika Aditama.
  6. Meier, D. (2004). The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
  7. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  8. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  9. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  10. Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.