Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 6 SMP Negeri 01 Kota Bengkulu dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar siswa mencapai 80 dan persentase ketuntasan belajar siswa 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik yang dilaksanakan dengan membagikan LKPD dengan tahapan Discovery Learning yaitu tahapan stimulasi, identifikasi masalah, mengumpulkan data dan mengolah data, verifikasi, dan mengorganisasikan dengan digabungkan pendekatan Saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 6 SMP Negeri 01 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 69,69%; 78,78% dan 84,84%.
Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Saintifik.
Abstract
The objectives of this research were to improve student learning outcomes of class VII 6 of SMP Negeri 01 Bengkulu City in learning mathematics through Discovery Learning learning model with a scientific approach. This type of research was Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were students of class VII 6 of SMP Negeri 01 Bengkulu City, totaling 33 students consisting of 19 female students and 14 male students. The data collection instrument used in this study is a test sheet. Students 'learning outcomes were said to be successful if the average student learning outcomes reach ? 80 and the percentage of students' learning mastery ? 80%. The results showed that the learning model of Discovery Learning with scientific approach implemented by distributing LKPD with the stages of Discovery Learning is the stages of stimulation, problem identification, data collection and data processing, verification, and organizing by incorporating the scientific approach that is observing, asking, gathering information, and communicate can improve student learning outcomes of class VII 6 SMP Negeri 01 Bengkulu City. Therefore it confirmed by the improvement of the average score in students observation. Mastery classical at Cycle I, II and III in a row was 69,69%; 78,78% and 84,84% with the percentage of students' learning mastery at least ? 80%.Keywords : The Result of Learning, Discovery Learning, Scientific Approach
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Kemendikbud. 2013b. Implementasi Kurikulum 2013: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/SMA/SMK. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
- Prayitno, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, (Jakarta:PT.Rineka Cipta,2001)
- Rusman,(2012). Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
- Rosarina, Gina dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda.
- Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sundayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Thobroni,M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
- Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika Republik Indonesia. http://pmri.or.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2012.
References
Kemendikbud. 2013b. Implementasi Kurikulum 2013: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/SMA/SMK. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Prayitno, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, (Jakarta:PT.Rineka Cipta,2001)
Rusman,(2012). Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Rosarina, Gina dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sundayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thobroni,M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika Republik Indonesia. http://pmri.or.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2012.