Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 6 SMP Negeri 01 Kota Bengkulu dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila rata-rata hasil belajar siswa mencapai  80 dan persentase ketuntasan belajar siswa  80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Saintifik yang dilaksanakan dengan membagikan LKPD dengan tahapan  Discovery Learning yaitu tahapan stimulasi, identifikasi masalah, mengumpulkan data dan mengolah data, verifikasi, dan mengorganisasikan dengan digabungkan pendekatan Saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII 6 SMP Negeri 01 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 69,69%; 78,78% dan 84,84%.

Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Discovery Learning, Pendekatan Saintifik.

 

Abstract

The objectives of this research were to improve student learning outcomes of class VII 6 of SMP Negeri 01 Bengkulu City in learning mathematics through Discovery Learning learning model with a scientific approach. This type of research was Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were students of class VII 6 of SMP Negeri 01 Bengkulu City, totaling 33 students consisting of 19 female students and 14 male students. The data collection instrument used in this study is a test sheet. Students 'learning outcomes were said to be successful if the average student learning outcomes reach ? 80 and the percentage of students' learning mastery ? 80%. The results showed that the learning model of Discovery Learning with scientific approach implemented by distributing LKPD with the stages of Discovery Learning is the stages of stimulation, problem identification, data collection and data processing, verification, and organizing by incorporating the scientific approach that is observing, asking, gathering information, and communicate can improve student learning outcomes of class VII 6 SMP Negeri 01 Bengkulu City. Therefore it confirmed by the  improvement of the average score in students observation. Mastery classical at Cycle I, II and III in a row was 69,69%; 78,78% and 84,84% with the percentage of students' learning mastery at least ? 80%. 

Keywords : The Result of Learning, Discovery Learning,  Scientific Approach

Keywords

Hasil Belajar Pembelajaran Discovery Learning Pendekatan Saintifik

Article Details

How to Cite
Julian, A. R., Hanifah, H., & Yensy, N. A. (2019). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII 6 SMP N 01 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 180–187. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.180-187

References

  1. Kemendikbud. 2013b. Implementasi Kurikulum 2013: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/SMA/SMK. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
  3. Prayitno, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, (Jakarta:PT.Rineka Cipta,2001)
  4. Rusman,(2012). Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
  5. Rosarina, Gina dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda.
  6. Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  7. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
  9. Sundayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  10. Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  11. Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Thobroni,M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  13. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  14. Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika Republik Indonesia. http://pmri.or.id/, diakses tanggal 5 Agustus 2012.