Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal Higer Order Thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu yang praktis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap penelitian yaitu: tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang terdiri dari validasi ahli(validasi logis), uji empiris (validitas, reabilitas,daya pembeda dan taraf kesukaran) . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama dan XI Bahasa MAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang berjumlah 39 orang siswa untuk uji empiris dan 37 orang siswa untuk uji produk soal. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Lembar Kepraktisan soal siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari masalah yang diberikan yaitu bagaimana hasil pengembangan soal-soal higer order thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu yang praktis dapat di ambil kesimpulan yaitu hasil pengembangan soal-soal higer order thinking pada materi turunan fungsi untuk siswa MAN 1 Kota Bengkulu adalah soal termasuk dalam kategori “sangat praktis” berdasarkan data kepraktisan siswa yaitu 4,68, dengan validasi semua soal berada dikatagori valid dengan reabilitas 0,70178, indek kesukaran berada di kriteria mudah dan sedang dan daya pembeda soal berada pada kriteria cukup. Pada uji produk soal menghasilkan (1) Nilai rata-rata siswa berdasarkan lembar solusi soal yaitu 82,59, (2) persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 adalah 70,56%.

Kata kunci: Penelitian Pengembangan ,Soal-soal Higher Order Thinking

Abstract

This research aims to produce Higher Order Thinking questions on derivative function material for students of MAN 1 Kota Bengkulu that is valid and practical. The type of this research is Development Research (Research and Development). This research was conducted in three research stages: defining stage, designing stage, and developmenting stage which consist of expert validation (logical validation), empirical test (validity, reliability, discrimination power and level of difficulty). The subjects of this research were students of grade XI on both Islamic Study and Language major in MAN 1 Kota Bengkulu academic year 2017/2018, which amounts to 39 students for empirical test and 37 students for questions product test. The instrument used in this study is higher order thinking students questions practicality sheets, student answer sheet. Based on the research conducted, in relation to the problem statement given on how the results of higher order thinking questions development on derivative function materials for students of MAN 1 Kota Bengkulu that is valid and practical can be concluded that the result of higher order thinking questions development on the derivative function material for the students of MAN 1 Kota Bengkulu are as follows the questions which include a "very practical" category based on the data of students practicality is 4.68, which all questions validation are in a valid category with reliability of 0.70178, difficulty index is in the criteria  of easy and medium, while discrimination power is in the criteria of fair. Beside, the questions product test produces: (1) The average of students achievement based on the student answer sheet is 82.59, (2) the average percentage of student who gain the minimum score of 75 is 70.56%

Keywords: Research and Development, Higher Order Thinking Problems

Article Details

How to Cite
Alfajri, A. R., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2019). KEPRAKTISAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING UNTUK MENGHASILKAN SOAL YANG PRAKTIS UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 205–217. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.205-217

References

  1. Aziza, M. (2013). Pengembangan Soal-soal Problem Solving Pada Pokok Bahasan Lingkaran untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kota Bengkulu.
  2. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Faizien, M. I. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Untuk Pelajaran Matematika Dengan Memasukkan Konteks Islam.
  4. Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS.
  5. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  6. Sudjana. (1975). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  7. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Sukmadinata, n. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Kecana.
  10. Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.