Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Peserta Didik Berbasis Permainan Tradisional Congklak Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan modifikasi model 4D Thiagarajan menjadi 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan Tradisional Congklak Materi KPK dan FPB Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 99 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (a) valid dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata  4,69; (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,48; dan (c) efektifitas berdasarkan: 1) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 4,41 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas pendidik dengan skor rata-rata 4,55 dalam kategori sangat baik; 3) respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,49 dalam kategori sangat baik; 5) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal.

 

Kata Kunci : Validitas, Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Permainan Tradisional Congklak.

 

Abstract

This Research was to Produce the Students’ Worksheet based on Congklak Traditional Game with Materials Lowest Common Multiple and Highest Common Factor at Fourth Grade Students SD Negeri 99 Bengkulu City that filled categorries valid, practical, an effective. The research was research and development with modification 4D Thiagarajan became three stages were defining stage, desiging stage, and developing stage that consited of validity, practicality, and effectiveness. and effectiveness test. The result of research showed that students’ worksheet based on traditional game congklak with material KPK and FPB at fourth grade students SD Negeri 99 Bengkulu City included incategories: a) valid from aspects of material, construction, and language with average score 4,69. b) very practical with average score 4,48. c) the effectiveness based on: 1) the students’ activities are with avarage score 4,41 in very good category 2) the teachers’ activities are with avarage score 4,55 in very good category 3) the students’responses are with avaragescore 4,49 in very good category 5) the sudy result of students reached classical thoroughness.

Keywords : Validity, The Student’s Worksheets, Congklak Traditional Game 

Keywords

Validity The Student’s Worksheets Congklak Traditional Game

Article Details

How to Cite
Fitriani, T., Rusdi, R., & Agustinsa, R. (2019). VALIDITAS LKPD BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK MATERI KPK DAN FPB PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 258–268. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.258-268

References

  1. Amrita, Kabut. 2009. Pengembangan Media Permainan Congklak Matematika Untuk Mengefektifakan Penyampaian Materi KPK dan FPB Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika FKIP Universitas Purwokerto.
  2. Arikunto, S. 1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
  3. Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
  5. Hasanah, N., & Pratiwi. (2015). Pengembangan Anak Melalui Permainan Tradisional. Banjarmasin : CV. Aswaja Pressindo
  6. Hidayat, Asep. 2016. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Universitas Negeri Syarif Hidayahtullah.
  7. Maizora. Syafdi. 2011. "Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial FKIP Universitas Bengkulu". Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
  8. Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.
  10. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan AjarInovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  11. Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.
  12. Sanjaya, Wina.2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
  13. Septy, Liana, dkk. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada
  14. Materi Peluang di Kelas VIII”. Jurnal Didaktit Matematika Vol.2.No.2
  15. ISSN: 2355-4185. Hal 16-26.
  16. Sudjana. (1975). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  17. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
  18. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
  19. Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  20. Thiagarajan, Sivasailam, Dorothy S Semmel, Melvyn I Semmel. 1974.
  21. Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional
  22. Children. Indiana: Indiana University