Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Statistika di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4-D Thiagarajan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) LKPD dengan Pendekatan Saintifik pada materi Statistika di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,56; (2) LKPD dengan Pendekatan Saintifik pada Statistika di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,26; (3) LKPD dengan Pendekatan Saintifik pada Statistika di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,61.

Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Saintifik

 

Abstract

This research aimed to produce students’ Worksheet with  Scientific Approach on Statistic  at SMA N 4 Bengkulu City that are valid, practical, and effective. The instruments of this research study were the validated students’ worksheet, the practical students’ worksheet, and the effective students’ worksheet. This research was a developmental research (Research and Development) use procedures 4-D Thiagarajan which are defining, designing, and developing that consisted of validity, practicaility and effectiveness test. The results of research study showed that: (1) Students’ Worksheet with  Scientific Approach on Statistic at SMA N 4 Bengkulu City was very valid from the aspect of material, construction, and languages with an average score about 4,56; (2) Students’ Worksheet with on Scientific Approach on Statistic at SMA N 4 Bengkulu City was very practical with an average score about 4.26, (3) Students’ Worksheet with on Scientific Approach on Statistic at SMA N 4 Bengkulu City was very effective with an average score about 4.61.

Keywords : Research and Development, Student Worksheet, Scientific Approach

Keywords

Penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pendekatan Saintifik

Article Details

How to Cite
Jaya, S., Maizora, S., & Muchlis, E. E. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PEDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI STATISTIKA DI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 285–292. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.285-292

References

  1. Arikunto, S. (1989). Dasar- Dasar Evluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bina Aksara.
  2. Aqib, Zainal & Ali Murtadlo.Kumpulan Motode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satunusa
  3. Hamzah, A. (2014). perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  4. Praswoto, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
  5. Yogyakarta : DIVA Press
  6. R.soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Indonesia.
  7. Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
  8. Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana
  9. Sugiono. 2016. Metode penelitian & Pengembang. Bandung:Alfa Beta
  10. Suparmin, Bakar, U. A., & Giyoto. (2012). Validitas, Reliabilitas, dan Kepraktisan Ujian Melalui Observasi dan Bentuk Lisan Bagi Kelas Besar pada Prodi PAI. IAIN Surakarta, 70.
  11. Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta:AR-Ruzz Media