Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih dari hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar  tes. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 29 peserta didik yang mendapat perlakuan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 29 peserta didik yang mendapat perlakuan Pendekatan Saintifik. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji-t diperoleh nilai sig. 2 (tailed) yaitu 0,003 dengan taraf nyata (?) = 5%, sehingga nilai sig.2(tailed) < ?. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Pendekatan Saintifik di kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Hasil belajar matematika, Pendekatan Matematika Realistik, Pendekatan Saintifik.

 

ABSTRACT

This research was aimed at investigating whether of the students learning result using Realistic Mathematic Approach more than students learning result using Scientific Approach. This research was quasi-experimental and the total population were the entire students of Grade VII Junior High School 14 Bengkulu, odd semester academic year of 2017/2018. The instrument used for data collection in this study is a test sheet. The samples were collected by using purposive sampling technique in that there were the class of VII 1 as the experiment one with total students of 29 treated by Realistic Mathematic Approach and the class of VII 2 as the control class with the total students of 29 treated by Scientific Approach. Based on the data analysis using t-test were found sig.2(tailed) 0,003 with the significance level (?) = 5%, hence the sig.2(tailed) < ?. Therefore, it could be concluded that the result of learning mathematics student used realistic mathematics approach more than the result of learning mathematics student used Scientific approach in class VII SMPN 14 Bengkulu.

Keyword: Result of learning mathematics, Realistic Mathematics approach, Scientific approach

 

Keywords

Hasil belajar matematika Pendekatan Matematika Realistik Pendekatan Saintifik

Article Details

How to Cite
Sari, B. S. A., Maizora, S., & Hanifah, H. (2019). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 157–161. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.157-161

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
  2. Daryanto dan Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media.
  3. Hanggara dan Suhardi. 2016. Esperimentasi Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Pembelajaran Saintifik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 25 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Tidak Diterbitkan. Riau : Universitas Riau Kepulauan.
  4. Herawaty, dkk. 2016. Model Pembelajaran Matematika SMP untuk Mengatasi Rendahnya Kompetensi Dasar Siswa SMP Kota Bengkulu. Bengkulu : Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 1, No.01 : 39-65.
  5. Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  6. Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  7. Sugiyono. 2017. Statistik untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.
  8. Pranata, Deden Rizki. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dengan Pembelajaran Konvensional di Kelas VII SMPN 11 Kota Bengkulu. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  9. Wijaya Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  10. Zaini dan Marsigit. 2014. Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Yogyakarta : Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 2 : 152-163