Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa kelas VII di SMP IT Iqra’ Kota Bengkulu dalam mengidentifikasi segiempat berdasarkan sifat sisi dan sudut. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIF SMP IT Iqra’ Kota Bengkulu tahun akademik 2016/2017 yang terdiri dari 58 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan hasil tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari pengumpulan data hasil tes diagnostik secara keseluruhan kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan konsep yaitu (1) siswa salah dalam mengidentifikasi segi empat berdasarkan sifat sehadap dan panjang sisi; (2) siswa salah dalam mengidentifikasi segi empat berdasarkan sifat sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar.
Kata Kunci : Penelitian Deskriptif, Segi empat .
Abstract
The aims of this study was to find out type of error in identifying the properties of the rectangular wake properties. The type of research conducted is descriptive research. Subjects in this study were students of grade VIIA and VIIF at SMP IT Iqra’ City of Bengkulu of academic year 2016/2017 consisting of 58 people. The instruments of this study were validation sheets and test results. The results of this study can be concluded that the data collection of diagnostic test results as whole error made by students is a concept error that is: 1) the student is wrong in identifying the rectangular based on side-facing and side-lenght; 2) the student is wrong in identifying the rectangular based on the nature of the corner.
Keywords : Descriptive research, quadrangle
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adibah, Fanny. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Di Kelas VIII MTS Negeri 2 Surabaya. [Online] Tersedia di :http://downloads.ziddu.com/downloadfile/17409429/jiptiainfannyadiba8369-5-babiii.pdf.html. Diakses pada tanggal 7 Januari 2017.
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
- BSNP. 2007. Permen Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.Jakarta.
- Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka CiptaRich, Barnett. 2005. Geometri Schaum’s easy outline. Jakarta : Erlangga.
- Jihad, Asep & Abdul, Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Runtukahu, Tombokan dan Kandaou, Selpius. 2014. Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
- Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya
- Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
References
Adibah, Fanny. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Di Kelas VIII MTS Negeri 2 Surabaya. [Online] Tersedia di :http://downloads.ziddu.com/downloadfile/17409429/jiptiainfannyadiba8369-5-babiii.pdf.html. Diakses pada tanggal 7 Januari 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
BSNP. 2007. Permen Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka CiptaRich, Barnett. 2005. Geometri Schaum’s easy outline. Jakarta : Erlangga.
Jihad, Asep & Abdul, Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Runtukahu, Tombokan dan Kandaou, Selpius. 2014. Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya
Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.