Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Dengan menerapkan model Discovery Learning, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segiempat dan segitiga di SMPN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  teknik pengumpulan data melalui lembar penilaian keterampilan, LKPD dan tes siklus. Kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I, II dan III adalah 65,70 ; 64,93 ; dan 67,94 dengan pencapaian tiap indikator yaitu :  (1) kemampuan siswa menyatakan ulang konsep : 47,91 ; 56,18; 75,42. (2) kemampuan siswa mengklasifikasikan objek atau sifat sesuai konsep : 54,26; 70,17; 92,20. (3) kemampuan memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep :85,23 ; 97,73; 45,21. (4) kemampuan siswa meyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi : 53,10; 51,21 ; 56,47. (5) kemampuan siswa mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup : 69,78; 46,61 ; 81,00. (6) kemampuan siswa menggunakan prosedur atau operasi tertentu : 81,52; 61,25 ; 55,31. (7) kemampuan siswa menerapkan konsep : 68,13 ; 71,36 ; 69,96.

 

Kata Kunci : Model Discovery Learning, pemahaman konsep matematika

 

ABSTRACT

With applying Discovery Learning, this research to aims how to improve student understanding of mathematical concepts in quadrilateral and triangle in SMPN 6 Bengkulu. This research used classroom research (PTK) with technique of collecting data through assessment of skill, worksheets and test result learning. Improved understanding of student’s mathematics concepts can be seen from average value of concept understanding from cycle I,II and III were : 65,70 ; 64,93 ; and 67,94. Improvement of understanding of concept in each indicator from cycle I to III were : (1) ability to re-state the concept : 47,91 ; 56,18; 75,42. (2) ability to classify object: 54,26; 70,17; 92,20. (3) ability to give example and non sample  : 85,23 ; 97,73; 45,21. (4) ability of recognize condition that determine a concept : 53,10; 51,21 ; 56,47. (5) ability developed sufficient terms and conditions are required : 69,78; 46,61 ; 81,00. (6) ability of used the procedure and operation : 81,52; 61,25 ; 55,31. (7) ability of apply a concept : 68,13 ; 71,36 ; 69,96.

 

Key word : Discovery Learning, understanding of mathematical concepts

Article Details

How to Cite
Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII A SMPN 6 KOTA BENGKULU SETELAH MEMPEROLEH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 362–373. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.362-373

References

  1. Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). PKumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
  2. Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
  3. Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.
  5. Nurdin, S., & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  6. Ompusunggu, V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif terhadap Matemtika Siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui Pendekatan Problem Posing . Jurnal Saintech, 93-105.
  7. Suherman, E., & Winataputra, U. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  9. Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Depok: Ar-Ruzz Media.
  10. Zefika, M., Yarman, & Yerizon. (2012). meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang melalui Pembelajaran Koperatif tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Matematika, 45-50.