UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Yuni Kurniawati(1), Nurul Astuty Yensy(2), Dewi Herawaty(3),
(1) Program Studi S-1 Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi S-1 Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi S-2 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas VII 7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil observasi aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kriteria baik dengan interval  23,34 ?  ? 30. Berdasarkan data dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara siswa dibentuk kelompok belajar yang heterogen, memberikan lembar materi dan latihan-latihan kemampuan, siswa saling mengoreksi hasil pekerjaan teman satu kelompoknya, siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan juga menyampaikan pendapat. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III yaitu 17,17; 20,17; 25,17.

 

Abstract

This study aims to find out how efforts to improve student’s learning activity by apply cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI). The method applied  Classroom Action Research (CAR) consisted of 36 students of class VII 7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu odd semester of academic year 2016/2017. This study was to be successful if the results of student activity observation in the implementation of learning had on the good criteria with the interval 23,34 ? ? 30. Based on the data from the observation sheet of student activity showed an increase in student learning activity conducted by students formed heterogeneous learning groups , giving material sheets and ability exercises, the student corrected each other's work, the student were given the opportunity to ask questions and also express their opinions. The increase of student learning activity can be seen from the average of observation result of student learning activity cycle I to cycle III had 17,17; 20,17; 25,17.


Keywords


Team Assisted Individualization (TAI); aktivitas belajar; learning activity

Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013.Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Hamzah & Muhlisrarini. 2013. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kunandar. 2013. Penilaian autentik (penialaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers

Kurniawati, Yuni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu

Ningrum, Epon. 2013. Panduan Praktis Peneltian Tindakan kelas. Bandung: CV Putra Setia

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slavin, R E. 2005. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widada & Herawaty.2007. Implementasi RME, CMP, dan Model Pembelajaran Kooperatif. Diktat Tidak Dipublikasikan

Yunita, Fani. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Bengkulu:Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.14-19

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuni Kurniawati, Nurul Astuty Yensy, Dewi Herawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

 

JP2MS is indexed by: