Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memenuhikategori minimal praktis untuk pembelajaran LKPDberbasis model pembalajaran inkuiri pada materi koordinat kartesius. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar kepraktisan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 15 orang peserta didik kelas VIII.4 pada uji kepraktisan. Hasil uji kepraktisan dengan skor rata-rata 4,64 memenuhi kategori sangat praktis atau minimal memenuhi kategori praktis, hal ini berarti LKPD dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri pada materi koordinat kartesius di kelas VIII.

Keywords

Inkuiri Kepraktisan LKPD Koordinat Kartesius

Article Details

Author Biographies

Nofri Dwi Jatra, BENGKULU UNIVERSITY

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan matematika universitas bengkulu

Effie Efrida Muchlis, BENGKULU UNIVERSITY

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan matematika universitas bengkulu

Agus Susanta, BENGKULU UNIVERSITY

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan matematika universitas bengkulu
How to Cite
Jatra, N. D., Muchlis, E. E., & Susanta, A. (2020). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KOORDNAT KARTESIUS DITINJAU DARI KEPRAKTISAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 142–149. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.142-149

References

  1. Adinawan, M.Cholik (2016). Matematika SMP/MTs Jilid 2A Kelas VIII Semester I. Jakarta: Erlangga
  2. As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Daryanto, dan Dwicahyo, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
  5. Hamzah, B. Uno. 2007. Metode Model Pembelajan Menciptakan Proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Rawamangun: PT Bumi Aksara.
  6. Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO
  7. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfa Beta
  8. Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington. D. C: National Center for Improvement ofEducational Systems
  9. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  10. Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.