Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memenuhikategori minimal praktis untuk pembelajaran LKPDberbasis model pembalajaran inkuiri pada materi koordinat kartesius. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar kepraktisan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 15 orang peserta didik kelas VIII.4 pada uji kepraktisan. Hasil uji kepraktisan dengan skor rata-rata 4,64 memenuhi kategori sangat praktis atau minimal memenuhi kategori praktis, hal ini berarti LKPD dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri pada materi koordinat kartesius di kelas VIII.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adinawan, M.Cholik (2016). Matematika SMP/MTs Jilid 2A Kelas VIII Semester I. Jakarta: Erlangga
- As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Daryanto, dan Dwicahyo, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
- Hamzah, B. Uno. 2007. Metode Model Pembelajan Menciptakan Proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Rawamangun: PT Bumi Aksara.
- Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfa Beta
- Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington. D. C: National Center for Improvement ofEducational Systems
- Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
References
Adinawan, M.Cholik (2016). Matematika SMP/MTs Jilid 2A Kelas VIII Semester I. Jakarta: Erlangga
As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Daryanto, dan Dwicahyo, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Hamzah, B. Uno. 2007. Metode Model Pembelajan Menciptakan Proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Rawamangun: PT Bumi Aksara.
Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfa Beta
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington. D. C: National Center for Improvement ofEducational Systems
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.