Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik matematika dengan metode Problem Solving materi persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi prosedur 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian , perancangan, dan pengembangan . Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan lembar efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan metode problem solving pada materi persamaan lingkaran kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori : (a) sangat valid berdasarkan aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,20, (b) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,44, dan (c) sangat efektif dengan skor rata-rata 4,69.
Kata Kunci : Problem Solving, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan
Abstract
This research aimed to produce students’worksheet through problem solving method on circle equation material that were valid, practical, and effective. This research was a developmental research which modified 4D Thiagarajan, Semmel, and Semmel procedure into 3 phase namely define, design, and development. The instruments were validity sheet, practicality sheet, and effectivity sheet. The result of this study revealed that the development of students’ worksheet by problem solving in circle equation material at XI MIPA in SMAN 5 Bengkulu City was categorized in: (a) very valid from the aspect of material, construction, and language with an average score reached to 4,20, (b) very practical with an average score reached to 4,44, and (c) very effective with an average score reached to 4,69.
Keywords: Problem Solving, Students’ Worksheet , Developmental Research.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi pendidikan dan pengajaran. Yogyajarta: CAPS.
- Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 201). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena,
- Maizora, Syafdi. 2011. Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Berngkulu. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang
- Polya, G.. 1973. How to Solve It. New Jersey: Pricenton University Press.
- Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
- Purwanto, Richardo, dan Jufri. (2016) Pengembangan LKS berbasis Pemecahan Masalah bedasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Kelas VII SMP Materi Aritmatika Sosial. Universitas Pasir Pengaraian.
- Rafika, dkk. 2017. Penerapan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Jurnal Untan.
- Sam, dan Qohar. 2015. Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.
- Sudarman. 2010. Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
- Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
- Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta Bandung
- Vatricia, Susan. 2017. Pengembangan Aplikasi Komputer sebagai Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada materi lingkaran kela VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol 1, No.1
- Wulandari, Hayatri. 2018. Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol 2, No.1
References
Ambarjaya, Beni S. 2012. Psikologi pendidikan dan pengajaran. Yogyajarta: CAPS.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 201). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena,
Maizora, Syafdi. 2011. Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Berngkulu. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang
Polya, G.. 1973. How to Solve It. New Jersey: Pricenton University Press.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, Richardo, dan Jufri. (2016) Pengembangan LKS berbasis Pemecahan Masalah bedasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Kelas VII SMP Materi Aritmatika Sosial. Universitas Pasir Pengaraian.
Rafika, dkk. 2017. Penerapan Langkah Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Jurnal Untan.
Sam, dan Qohar. 2015. Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.
Sudarman. 2010. Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta Bandung
Vatricia, Susan. 2017. Pengembangan Aplikasi Komputer sebagai Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada materi lingkaran kela VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol 1, No.1
Wulandari, Hayatri. 2018. Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol 2, No.1