Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas discovery learning yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas inkuiri terbimbing yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, dengan thitung = -2,242 dan sig. = 0,030 < 0,05. Rata – rata hasil belajar siswa kelas discovery learning adalah 48,77 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas inkuiri terbimbing adalah 61,24.

Article Details

How to Cite
Utami, I. T., Yensy B, N. A., & Siagian, T. A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 53–60. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.53-60