Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan cara memberi teguran kepada siswa yang tidak mengamati alat peraga (stimulasi), meminta siswa bergantian menggambar alat peraga (identifikasi masalah), membimbing kelompok saat menggambar bagian alat peraga (pengumpulan data), menyelesaikan masalah dengan mengamati alat peraga kemudian mencatat hasilnya (mengolah data), memberi perhatian lebih kepada kelompok yang belum paham (pembuktian), memberikan apresiasi berupa alat tulis untuk kelompok yang presentasi dengan bantuan alat peraga (kesimpulan). Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata lembar observasi aktivitas belajar siswa siklus I, II dan III yaitu 34 (cukup aktif), 43,5 (cukup aktif) dan 50,875 (aktif). Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara membantu siswa dalam mengingat materi yang telah dipelajari dengan bantuan alat peraga (stimulasi), mengarahkan siswa berpikir cara menyelesaikan suatu permasalahan dengan bantuan alat peraga (Identifikasi masalah), membimbing siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya (mengumpulkan dan mengolah data), melatih siswa menyelesaikan permasalahan menggunakan cara lain (pembuktian), meminta siswa mencatat rumus dibuku tulisnya (kesimpulan). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa siklus I, II dan III yaitu 61,33; 73,92; 85,88 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I, II dan III yaitu 31%, 53% dan 84%.
Kata Kunci : Alat Peraga, Aktivitas, Hasil Belajar, Discovery Learning.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.