Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan TGT di SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 14 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling sehingga diperoleh kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen 1 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas VII 6 sebagai kelas eksperimen 2 dengan siswa yang berjumlah 26 orang yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar (posttest) berupa soal uraian. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,309> ttabel = 2,008559 diperkuat dengan nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan software SPSS yaitu sebesar 0,025 < (? = 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT di SMPN 14 Kota Bengkulu.

Kata kunci     : Eksperimen, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD, TGT

Article Details

How to Cite
ezalian, rahmat putera, yensy, nurul astuty, & rusdi, rusdi. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TGT Di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 203–211. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.203-211

References

  1. Afandi, Muhammad dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISSULA PRESS.
  2. Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
  3. Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
  4. Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  6. Maryani, dkk. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Student Teams Achievement Division. JP2MS. 1 (1) : 54 -59
  7. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  8. Saputra, K. Y. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Maulana Pegayaman . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 5 No. 1 .
  9. Sugiyono. 2015. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  10. Sari, Yuliana Puspita, dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Materi Lingkaran. JP2MS. 1 (2) : 8-13.
  11. Shoimin, Aris. (2014). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.