Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua siswa kelas VII SMPN 01 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 7 soal. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen 81,34 dengan kriteria sangat baik dan kelas kontrol 70 dengan kriteria baik. Berdasarkan uji normalitas dengan menggunakan uji shapiro wilk dengan taraf signifikan 0,05 didapat nilai sig. 0,305 untuk kelas eksperimen dan didapat nilai sig. 0,076 untuk kelas kontrol, dengan nilai 0,305 ? 0,05 dan 0,076 ? 0,05 maka dapat dikatakan nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal. Karena kedua kelas berdistribusi normal maka dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher didapat bahwa Fhitung = 1,84 dengan Ftabel = 1,85. Karena 1,84 ? 1,85 maka dapat disimpulkan kedua data homogen. Selanjutnya karena data homogen lanjut ke uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 dengan ? = 5%, sehingga Sig. (2-tailed) < ? atau 0,002 ? 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Kata kunci: pendekatan realistic mathematics education, pendekatan saintifik, kemampuan pemecahan masalah siswa.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ayuningrum, Diah. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika SMP Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Vol. 8; No. 1 : 27-34
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Isrok’atun dan Rosmala. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
- Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
- Lestari dan Yudhanegara. 2018.Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.
- Putra dkk.2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(2). 82-90.
- Sugiyono. 2016. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.
- Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.
References
Ayuningrum, Diah. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika SMP Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Vol. 8; No. 1 : 27-34
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Isrok’atun dan Rosmala. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Lestari dan Yudhanegara. 2018.Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.
Putra dkk.2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(2). 82-90.
Sugiyono. 2016. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.