Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua siswa kelas VII SMPN 01 Kota Bengkulu tahun pelajaran  2018/2019. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 7 soal. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen 81,34 dengan kriteria sangat baik dan kelas kontrol 70 dengan kriteria baik. Berdasarkan uji normalitas dengan menggunakan uji shapiro wilk dengan taraf signifikan 0,05 didapat nilai sig. 0,305 untuk kelas eksperimen dan didapat nilai sig. 0,076 untuk kelas kontrol, dengan nilai 0,305 ? 0,05 dan 0,076 ? 0,05 maka dapat dikatakan nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal. Karena kedua kelas berdistribusi normal maka dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher  didapat bahwa Fhitung = 1,84 dengan Ftabel = 1,85. Karena 1,84 ? 1,85 maka dapat disimpulkan kedua data homogen. Selanjutnya karena data homogen lanjut ke uji t. Hasil  analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 dengan ? = 5%, sehingga Sig. (2-tailed) < ? atau 0,002 ? 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

               Kata kunci: pendekatan realistic mathematics education, pendekatan saintifik, kemampuan      pemecahan masalah siswa.

Article Details

How to Cite
monica, shela, susanta, agus, & yensyB, nurul astuty. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Educatio Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 220–228. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.220-228

References

  1. Ayuningrum, Diah. 2017. Strategi Pemecahan Masalah Matematika SMP Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Vol. 8; No. 1 : 27-34
  2. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
  3. Isrok’atun dan Rosmala. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
  4. Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  5. Lestari dan Yudhanegara. 2018.Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.
  6. Putra dkk.2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6(2). 82-90.
  7. Sugiyono. 2016. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  8. Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.
  9. Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu.