Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model Contextual Teaching and Learning sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan,  observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observas aktivitas belajar siswa, lembar latihan pada lembar kerja siswa dan lembar tes akhir siklus. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara mengubah susunan kelompok, membimbing siswa untuk terlibat aktif, dan menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 20,875; 26,375; 28,28. Sementara hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara  membuat LKPD yang banyak  melibatkan siswa di dalam prosesnya, membimbing siswa saat menyimpulkan hasil, dan memberi soal latihan pada siswa di setiap pertemuan pada. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 63,32 ;  80,09 ; 83,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 27,59%, 62,06%, 75,86%.

Article Details

How to Cite
rohana, siti siti, maizora, syafdi syafdi, & muchlis, effie efrida. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 259–269. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.259-269

References

  1. Akbar, Sa’dun 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Aqib, Z. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : Yrama Widya.
  3. Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia.
  4. Komalasari, Kokom. 2017. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.
  5. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grasindo Persada.
  6. Lestari, E.K. & Yudhanegara, R.M. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
  7. Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
  8. Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
  9. Sudjana, Nana.2017.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Sundayana, Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : ALFABETA.
  11. Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  12. Wulandari, Hayatri. dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal JPPMS (online), Vol. , No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 22 juli 2019.