Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model Contextual Teaching and Learning sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observas aktivitas belajar siswa, lembar latihan pada lembar kerja siswa dan lembar tes akhir siklus. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara mengubah susunan kelompok, membimbing siswa untuk terlibat aktif, dan menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 20,875; 26,375; 28,28. Sementara hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD yang banyak melibatkan siswa di dalam prosesnya, membimbing siswa saat menyimpulkan hasil, dan memberi soal latihan pada siswa di setiap pertemuan pada. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa siklus I sampai siklus III yaitu : 63,32 ; 80,09 ; 83,11 dengan ketuntasan belajar klasikal 27,59%, 62,06%, 75,86%.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akbar, Sa’dun 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
- Aqib, Z. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : Yrama Widya.
- Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia.
- Komalasari, Kokom. 2017. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.
- Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grasindo Persada.
- Lestari, E.K. & Yudhanegara, R.M. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
- Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, Nana.2017.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sundayana, Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : ALFABETA.
- Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Wulandari, Hayatri. dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal JPPMS (online), Vol. , No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 22 juli 2019.
References
Akbar, Sa’dun 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Aqib, Z. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung : Yrama Widya.
Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor : Ghalia Indonesia.
Komalasari, Kokom. 2017. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grasindo Persada.
Lestari, E.K. & Yudhanegara, R.M. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana.2017.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : ALFABETA.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wulandari, Hayatri. dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal JPPMS (online), Vol. , No. 1, (https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 22 juli 2019.