Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok yang heterogen berdasarkan nilai tes, memberikan LKPD, memberikan alat peraga berbasis lingkungan, presentasi jawaban dari soal pada LKPD sesuai nomor kepala masing-masing, memberikan perhatian khusus kepada siswa berkemampuan rendah, menegur siswa yang tidak mengikuti langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan  motivasi. Peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  dapat  dilihat  dari  skor  rata-rata aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 24 (kriteria cukup aktif); 27,625(kriteria cukup aktif); 29.25(kriteria aktif). Hasil belajar siswa  dapat  ditingkatkan  dengan  cara membuat  LKPD  dengan langkah-langkah yang sesuai model pembelajaran NHT dan pendekatan saintifik dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan, membuat soal latihan tambahan untuk siswa bernomor kepala 5 pada setiap LKPD, menambah gambar bangun ruang dengan garis putus-putus pada LKPD serta menjelaskan kembali materi prasyarat. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 58,96; 69,59; 77,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 36%; 64%; 80%.

Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Head Together, LKPD, alat peraga berbasis  lingkungan, aktivitas belajar, hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Nadiyah, A., Maizora, S., & Muchlis, E. E. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 282–293. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.282-293

References

  1. Anggraeni, Sintya Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, (Online), Vol.1 No.1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2398/1508, diakses 25 Juli 2019.
  2. Arikunto,Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
  4. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  5. Kurniasih & Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.
  6. Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  7. Preliana, Eliska. 2015. Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Berbasis Lingkungan untuk Materi Listrik Statis pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pleret, (Online), Vol.2 No.1, (http://journal.uad.ac.id/index.php/JRKPF/article/view/3128, diakses 7 Desember 2018.
  8. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
  9. Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
  10. Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. Wulandari , Hayatri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah, (Online), Vol.2 No.1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/6955/3481, diakses 25 Juli 2019