Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Akuntansi merupakan yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bengkulu. Jurnal akuntansi terintegrasi dengan ISSN Print (2303-0356) dan ISSN Online (2303-0364). Jurnal ini memuat kajian-kajian akuntansi yang meliputi Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Manajemen, ekonomi, Akuntansi dan Manajemen Keuangan Syariah, AuditingCorporate Governance, Etika dan Profesionalisme, Keuangan Perusahaan, Pendidikan Akuntansi, Perpajakan, Pasar Modal, Perbankan, dan issu akuntansi kontemporer lainnya.

Silahkan membaca author guidelines sebelum mengajukan naskah. Author guidelines dapat di download disini

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua naskah yang dikirim oleh penulis akan dibaca oleh tim editorial untuk kemudian ditinjau berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh Jurnal Akuntansi. Adapun kriteria yang dimaksud ialah yang sesuai dengan format penulisan artikel ilmiah dan sesuai dengan fokus penelitian yang ada pada jurnal ini. Naskah telah sesuai dengan kriteria tersebut, selanjutnya akan dilakukan proses double blind reviewer. Artinya, reviewer tidak mengetahui kepemilikan dari artikel yang direview. Begitu juga dengan penulis, tidak mengetahui siapa yang mereview artikelnya. Hal ini bertujuan agar penilaian yang dilakukan oleh reviewer dapat berlangsung secara objektif dan tanpa intervensi dari pihak manapun.  Reviewer dalam jurnal ini merupakan para akademisi yang ahli dibidangnya. Setelah dilakukan proses review oleh para reviewer, maka keputusan dan wewenang artikel untuk dapat dipublikasi berada pada Editor. Adapun jumlah reviewer yang melakukan proses review berjumlah 1 (satu) orang yang ditugaskan oleh Editor.  Editor akan membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Keputusan yang dimaksud mengandung beberapa kemungkinan, diantaranya : naskah ditolak, naskah memerlukan revisi besar, naskah memerlukan revisi kecil ataupun naskah langsung diterima.

 

Publication Frequency

Jurnal ini terbit 3 kali setahun, yaitu bulan februari, juni dan oktober

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Peer Review Process

Semua naskah yang dikirim oleh penulis akan dibaca oleh tim editorial untuk kemudian di tinjau berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh jurnal akuntansi. Naskah yang memiliki potensi untuk menarik minat para pembaca akan direview melalui proses double blind reviewer. Editor akan membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari para reviewer dengan beberapa kemungkinan : naskah ditolak, naskah memerlukan revisi besar, naskah memerlukan revisi kecil dan diterima.

 

Publication Frequency

Jurnal Akuntansi will publish online and print versions of 3 issues in one volume per year (February, June and October) and always free to access, download and reuse under the License Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Articles received will soon be published online when they are ready to be published.

 

 

Open Acces Policy

Jurnal Akuntansi provides open access directly to content on the principle that making research freely available to the public supports global exchanges that are greater than knowledge. Users have the right to read, download, copy, distribute, print, search, link to the full text of this article, or use it for other legitimate purposes under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Publication Ethics

Kewajiban Penulis

1. Standar Penulisan Artikel

Penelitian yang disajikan harus merupakan penelitian yang memuat data akurat. Artikel yang ditulis harus didukung dengan bukti dan referensi yang memadai. Melakukan penipuan dengan memuat data dan pernyataan yang tidak akurat merupakan bentuk tindakan yang tidak terpuji dan tidak dapat diterima.

2. Akses Data

Penulis diminta dapat menyediakan data dan dokumen mentah sehubungan dengan kepentingan editorial. Serta dapat menunjukkan dan menyimpan data yang dimaksud setelah publikasi naskah.

3. Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus dapat memastikan bahwa naskah yang telah ditulis merupakan karya asli. Serta mencantumkan kutipan sebagai rujukan dengan benar.

4. Publikasi Ganda

Penulis tidak diperkenankan untuk menerbitkan naskah artikel yang menggambarkan penelitian yang sama, dalam waktu yang bersamaan ke jurnal atau publikasi lain. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal, dalam waktu yang bersamaan, merupakan tindakan tidak terpuji.

5. Pengakuan Sumber

Penulis harus mengakui dan mencantumkan referensi dari kutipan naskah yang telah dipublikasi dengan benar.

6. Kontributor Pada naskah

Semua yang telah memberikan kontribusi secara signifikan pada naskah penelitian harus terdaftar sebagai penulis pada naskah artikel. Semua penulis telah melihat dan menyetujui naskah final dari artikel. Disamping itu, para penulis juga telah menyetujui pengajuan untuk publikasi.

7. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan mengenai cara pandang yang dapat mempengaruhi hasil intepretasi naskah mereka.

8. Kesalahan Mendasar Dalam Karya Yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang telah diterbitkan, maka kewajiban penulis adalah segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerjasama untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah artikel.

 

Kewajiban Editor

1.  Non Diskriminasi

Setiap mengevaluasi naskah untuk diterbitkan, editor berkewajiban untuk tidak memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari penulis.

2. Menjaga Kerahasiaan

Editor beserta staf editorial berkewajiban untuk tidak mengungkap informasi apapun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapapun, selain kepada penulis, reviewer, penerbit dan para pihak yang berkepentingan selama proses menuju publikasi naskah artikel.

3. Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang dijelaskan pada naskah yang dikirimkan kepada pihak editor, tidak diperkenankan untuk digunakan dalam penelitian pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari penulis utama.

4. Keputusan Publikasi

Dewan Editor bertanggungjawab untuk memutuskan artikel yang akan diterbitkan. Setelah melalui proses validasi karya. Tim editor dapat dipandu dengan kebijakan yang berlaku dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor dalam membuat keputusan ini.

5. Review  Naskah Artikel

Editor berkewajiban untuk mengevaluasi orisinalitas karya. Editor mengatur dan melakukan peer review secara adil dan bijaksana. Editor berkewajiban untuk menjelaskan mengenai proses peer review yang dilakukan oleh para reviewer kepada para penulis secara jelas. Sekaligus menunjukkan bagian yang memerlukan perbaikan. Editor berkewajiban untuk menggunakan peer reviewer yang tepat pada setiap naskah artikel yang diterima. Selanjutnya menyerahkan kepada orang-orang yang memiliki keahlian yang memadai dengan mempertimbangkan keahlian dari para reviewer. Tujuannya agar menghindari mereka yang memiliki konflik kepentingan.

                                                       

Kewajiban Reviewer

1. Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan selama proses menuju publikasi naskah. Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang hendak diterbitkan atau tidak memungkinkan untuk melakukan proses review, maka harus memberitahu editor dan mengundurkan diri dari proses review.

2. Tinjauan yang dilakukan oleh reviewer harus  bersifat objektif. Reviewer harus menjelaskan pandangan secara jelas dengan argumen yang mendukung. Kritik pribadi terhadap penulis sebaiknya tidak dilakukan.

3. Setiap naskah yang diterima oleh reviewer untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Para reviewer tidak diperkenankan untuk memperlihatkan dan mendiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

4. Informasi atau ide menarik yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan naskah artikel.

5. Reviewer harus mengidentifikasi bahwa naskah artikel telah menggunakan kutipan dan referensi yang relevan dengan benar. Reviewer juga diperkenankan memberikan pendapat kepada editor mengenai ada tidaknya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dengan naskah artikel yang telah diterbitkan.

 

 

Author Guidelines

  1. Artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan kajian literatur yang relevan dengan topik akuntansi
  2. Naskah yang ditulis harus sesuai dengan template dari Jurnal Akuntansi
  3. Naskah artikel ditulis dalam bentuk Ms.Word dengan ketentuan :Ditulis pada kerta A4, dengan fontasi “Times New Roman”, dengan margin : Left (2,5 cm), Right (2,5 cm), Top (2,5 cm), Bottom (2,5 cm)
  4. Panjang naskah artikel sekitar 8 - 20 Halaman
  5. Naskah yang ditulis harus  sesuai dengan aturan berikut :
  • TITLE (Memuat Judul Tulisan yang tidak lebih dari 15 Kata)
  • AUTHOR INFORMATION (Informasi mengenai Nama Lengkap Penulis, Afiliasi Penulis dan email penulis )
  • ABSTRACT (Panjang Abstrak ialah maksimal 250 kata yang terdiri dari bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Disertai dengan kata kunci sekitar 3-6 kata. Abtsrak  memuat mengenai objek utama penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan).
  • SECTION STRUCTURE ( Sistematika penyusunan naskah ilmiah terdiri dari pendahuluan, Kerangka Teoritis dan Hipotesis, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Penutup)
  • REFERENCES (Referensi yang digunakan dapat berasal dari jurnal, artikel ilmiah dan buku. Diutamakan berasal dari jurnal. Untuk memudahkan penyusunan referensi, penulis dapat menggunakan Aplikasi Mendeley/EndNote. Style yang digunakan pada references adalah APA Style Format.

 

Submission Preparation Checklist

  1. Pada saat proses pengajuan, penulis diwajibkan untuk memeriksa naskah agar sesuai dengan aturan dan ketentuan. Apabila ditemukan naskah yang tidak mematuhi ketentuan maka naskah dapat dikembalikan.
  2. Naskah yang diajukan belum pernah dimuat dan tidak sedang diajukan pada jurnal dan penerbit lainnya.
  3. File pengiriman naskah dalam format Ms. Word
  4. Naskah yang diajukan harus sesuai dengan template Jurnal Akuntansi, termasuk gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulisan
  5. Panjang Naskah berkisar antara 8-20 halaman
  6. Dalam pengajuan naskah dapat menggunakan aplikasi seperti Mendeley, Endnote untuk memanajemen Referensi.

 

Copyright Notice

  1. Pernyataan ini merupakan komitmen dari penulis,untuk menghormati hak cipta, baik dalam hal mengutip karya orang lain, maupun dalam pemanfaatan konten jurnal.
  2. Bila diperlukan, penulis dapat mengirimkan surat pernyataan keaslian naskah.
  3. Dengan diterimanya artikel oleh Editor Jurnal Akuntansi, artikel yang diserahkan memiliki hak cipta yang dipegang oleh Penulis
  4. Jurnal Akuntansi memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel yang telah dipublikasikan dalam jurnal.
  5. Penulis tidak dibenarkan untuk mempublikasikan artikel yang sama yang telah diterbitkan dalam jurnal ini.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dan tertera di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Author Fees

Jurnal ini tidak membebankan biaya kepada penulis

Article Submission     : 0.00 (IDR)

Article Publication      : 0.00 (IDR)